Mariyani Atmaja

the Diary® 👨👩👦👶

Popsicle Handcraft

Barang sepele macam stik es krim (popsicle) ternyata bisa banget diberdayakan utk sesuatu yg memiliki kegunaan lebih dari sekedar cantolan es krim.

Seperti contoh simply handcraft untuk anak-anak berupa pesawat-pesawatan ini.

Dan masih ada buanyaak lagi ide kreatif utk bikin apapun kalo mau eksploring dan mencoba realisasiin.

Selain mainan untuk anak-anak, kita juga bisa bikin pajangan/hiasan, frame de el el..

Ini hasil pertama kali bikin pajangan dinding mini. Looks so sweet bersanding di sebelah frame2 foto itu hehe..

Popsicle2 ini disusun dgn simple pattern aja tapi hasilnya lumayan okey kan..

Bagian depannya sbb:

Sedangkan bagian belakangnya sbb:

Bagian belakangnya bebas-bebas aja bentuknya karena berfungsi sbg cantolan ke paku di tembok.

Simple kan ?

Oiya, what we need untuk bikin ini hanyalah popsicle dan lem saja. Bisa pakai lem UHU atau lem FOX spt ini juga recomended krn setelah dilem, susah dicopot, yang ada kayu popsiclenya jadi patah.. so, untuk kekuatan daya rekat gak usa diragukan hahaha..

Nah setelah sukses bikin pajangan di atas, diriku mencoba untuk membuat yang versi jumbo size-nya.

Patternnya masih sama, hanya saja dibuat dalam jumlah yang banyak, bertingkat 3 dan dimensinya lumayan guede sampe akhirnya jadilah sebuah pajangan dinding yang megah spt ini:

Ukuran final:  60sentian, karena pada saat pembuatan dilakukan di lantai dan keramik di rumah memang ukurannya 60x60cm.

Ini separuh meja makanku!! Hahaha

Cukup gede dan lumayan serem pada saat proses pengeleman.

Tapi worthed bgt setelah melihat hasilnya. Pegel di leher, keram di kaki, jari tangan yang penuh lem dan lantai yang berbekas lem kering (bisa dibersihkan dgn sikat kok tenang aja hahaha), semua terbayarkan! Yeahh…

Warning:  dibutuhkan extra time, ekstra tenaga, ekstra kesabaran, dan ekstra hati-hati dong.. kalo gak, rusakk atuh.. Hehehe..

•••

Lain hari lain ide..

Seperti halnya hari ini. Tadi pagi ceritanya bangun kesiangan (8.30!!) hahaha.. dan tiba-tiba dapet ilham untuk bikin garasi mobilan dari sisa popsicle kemarin..

Konsep kasar uda dapet tapi lem abis bis.. gara-gara big giant project di atas hahaha.. Jadi tadi pas ke pasar sekalian cari lem putih lagi.. untuuuuung aja ada.. kalo gak ada byyyarr dehhh… tau kan gimana rasanya kl lg ada ide gak langsunh eksekusi tuh gak enak rasanya..halahh lebhayy dehh gw!!

Oke back to topic..

Jadi kita bikin simple aja kayak gini hasilnya..

Ini garasi bisa didudukin aja atau bisa juga digantung di tembok. Cuma karena mas Januar uda berangkat ngajar tadi sore jadi tunggu besok deh dipajang di dindingnya hehehe..

°°°

Ide kreatifitas lain dengan menggunakan popsicle hari ini dibuat dari sisa sortiran popsicle yang sudah kurang bagus kualitasnya, kebanyakan agak bengkok. Nah daripada gak terpakai maka kita bisa buat kerajinan dengan cara yang berbeda spt sebelumnya (model susunan rapat harus pakai popsicle yang presisi).

Kali ini kita mau buat DAUN dengan susunan renggang.

Hasilnya seperti ini:

Dari segi proses pengerjaan lebih gampang yang model ini. Dan tentunya lebih sebentar waktu yang terpakai. Hasilnya sangat ringan namun agak ringkih sehingga harus very very carefully dalam penanganannya.

Nah pada saat membuat si daun cantik ini, Marco tiba2 nimbrung dan ambil beberapa popsicle dan menyusun spt ini

Uda jadi pagar aja tuh. Hehe..

I believe, indera seorang anak itu bisa dengan sangat mudah menyerap apapun yang dilihat, didengar de el el..

Seperti halnya diriku pada saat masih kecil.. karena sering lihat mama merajut (crochet) jadi bisa juga. Padahal gak diajarin secara langsung loh. Hanya dari melihat aja. Kakak dan adik-adikku juga bisa pegang jarum crochet dengan baik dan benar dan ngerti bikin rantai, stik pendek, stik panjang. Ah jadi kangen pengen merajut lagi. Hehehe..

°°°

Lagi-lagi ide datang tak diduga. Siang ini setelah selesai beberes urusan dapur, niat hati mau benerin lem-nya garasi mobilan yang terlepas. Setelah selesai urusan repairing, tangan juga uda kadung kotor kena lem, di pikiran tiba2 bilang kenapa gak sekalian bikin sesuatu aja?!  Iya juga bener ya. Dan pada saat itu masih belom tau mau bikin apa loh.. hahaha.. nurut aja sama kata nurani deh..

Mulai bikin bentuk abstrak aja, lingkaran gak beraturan gitu.. trus tiba-tiba baru muncul deh ide bikin bentuk: IKAN. Jadi ini beneran fresh idenya di tengah jalan. Hahaha..

Inilah buahnya nurut sama kata hati hahaha..

Semoga menginspirasi yah..

Selamat berkreatifitas kawan-kawan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 8 September 2015 by and tagged , , , , , , .
%d bloggers like this: