Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Popsicle Handcraft

Barang sepele macam stik es krim (popsicle) ternyata bisa banget diberdayakan utk sesuatu yg memiliki kegunaan lebih dari sekedar cantolan es krim.

Seperti contoh simply handcraft untuk anak-anak berupa pesawat-pesawatan ini.

Dan masih ada buanyaak lagi ide kreatif utk bikin apapun kalo mau eksploring dan mencoba realisasiin.

Selain mainan untuk anak-anak, kita juga bisa bikin pajangan/hiasan, frame de el el..

Ini hasil pertama kali bikin pajangan dinding mini. Looks so sweet bersanding di sebelah frame2 foto itu hehe..

Popsicle2 ini disusun dgn simple pattern aja tapi hasilnya lumayan okey kan..

Bagian depannya sbb:

Sedangkan bagian belakangnya sbb:

Bagian belakangnya bebas-bebas aja bentuknya karena berfungsi sbg cantolan ke paku di tembok.

Simple kan ?

Oiya, what we need untuk bikin ini hanyalah popsicle dan lem saja. Bisa pakai lem UHU atau lem FOX spt ini juga recomended krn setelah dilem, susah dicopot, yang ada kayu popsiclenya jadi patah.. so, untuk kekuatan daya rekat gak usa diragukan hahaha..

Nah setelah sukses bikin pajangan di atas, diriku mencoba untuk membuat yang versi jumbo size-nya.

Patternnya masih sama, hanya saja dibuat dalam jumlah yang banyak, bertingkat 3 dan dimensinya lumayan guede sampe akhirnya jadilah sebuah pajangan dinding yang megah spt ini:

Ukuran final: ย 60sentian, karena pada saat pembuatan dilakukan di lantai dan keramik di rumah memang ukurannya 60x60cm.

Ini separuh meja makanku!! Hahaha

Cukup gede dan lumayan serem pada saat proses pengeleman.

Tapi worthed bgt setelah melihat hasilnya. Pegel di leher, keram di kaki, jari tangan yang penuh lem dan lantai yang berbekas lem kering (bisa dibersihkan dgn sikat kok tenang aja hahaha), semua terbayarkan! Yeahh…

Warning: ย dibutuhkan extra time, ekstra tenaga, ekstra kesabaran, dan ekstra hati-hati dong.. kalo gak, rusakk atuh.. Hehehe..

โ€ขโ€ขโ€ข

Lain hari lain ide..

Seperti halnya hari ini. Tadi pagi ceritanya bangun kesiangan (8.30!!) hahaha.. dan tiba-tiba dapet ilham untuk bikin garasi mobilan dari sisa popsicle kemarin..

Konsep kasar uda dapet tapi lem abis bis.. gara-gara big giant project di atas hahaha.. Jadi tadi pas ke pasar sekalian cari lem putih lagi.. untuuuuung aja ada.. kalo gak ada byyyarr dehhh… tau kan gimana rasanya kl lg ada ide gak langsunh eksekusi tuh gak enak rasanya..halahh lebhayy dehh gw!!

Oke back to topic..

Jadi kita bikin simple aja kayak gini hasilnya..

Ini garasi bisa didudukin aja atau bisa juga digantung di tembok. Cuma karena mas Januar uda berangkat ngajar tadi sore jadi tunggu besok deh dipajang di dindingnya hehehe..

ยฐยฐยฐ

Ide kreatifitas lain dengan menggunakan popsicle hari ini dibuat dari sisa sortiran popsicle yang sudah kurang bagus kualitasnya, kebanyakan agak bengkok. Nah daripada gak terpakai maka kita bisa buat kerajinan dengan cara yang berbeda spt sebelumnya (model susunan rapat harus pakai popsicle yang presisi).

Kali ini kita mau buat DAUN dengan susunan renggang.

Hasilnya seperti ini:

Dari segi proses pengerjaan lebih gampang yang model ini. Dan tentunya lebih sebentar waktu yang terpakai. Hasilnya sangat ringan namun agak ringkih sehingga harus very very carefully dalam penanganannya.

Nah pada saat membuat si daun cantik ini, Marco tiba2 nimbrung dan ambil beberapa popsicle dan menyusun spt ini

Uda jadi pagar aja tuh. Hehe..

I believe, indera seorang anak itu bisa dengan sangat mudah menyerap apapun yang dilihat, didengar de el el..

Seperti halnya diriku pada saat masih kecil.. karena sering lihat mama merajut (crochet) jadi bisa juga. Padahal gak diajarin secara langsung loh. Hanya dari melihat aja. Kakak dan adik-adikku juga bisa pegang jarum crochet dengan baik dan benar dan ngerti bikin rantai, stik pendek, stik panjang. Ah jadi kangen pengen merajut lagi. Hehehe..

ยฐยฐยฐ

Lagi-lagi ide datang tak diduga. Siang ini setelah selesai beberes urusan dapur, niat hati mau benerin lem-nya garasi mobilan yang terlepas. Setelah selesai urusan repairing, tangan juga uda kadung kotor kena lem, di pikiran tiba2 bilang kenapa gak sekalian bikin sesuatu aja?! ย Iya juga bener ya. Dan pada saat itu masih belom tau mau bikin apa loh.. hahaha.. nurut aja sama kata nurani deh..

Mulai bikin bentuk abstrak aja, lingkaran gak beraturan gitu.. trus tiba-tiba baru muncul deh ide bikin bentuk: IKAN. Jadi ini beneran fresh idenya di tengah jalan. Hahaha..

Inilah buahnya nurut sama kata hati hahaha..

Semoga menginspirasi yah..

Selamat berkreatifitas kawan-kawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 8 September 2015 by and tagged , , , , , , .

Instagram

Happy Sunday ๐Ÿ‘ฏโ€โ™‚๐Ÿ‘ฏโ€โ™‚๐Ÿ‘ฏโ€โ™‚
Happy Sunday ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ . . Itu yg di bahunya Gonti, tangannya @yanuaratmaja ye bu @holiezha hahahaha.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…
Hari ini masak asem2 daging di rumah trs keinget masih belom posting #kulinersemarang lanjutannya kmrn hahaha.. ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† . . 1. Asem-Asem Daging Koh Liem Masakan rumahan sederhana tapi rasanya enak banget. Kekuatannya ada di kuah. Perpaduan asem manis gurih hmmm... ๐Ÿ˜‹. Tadi masak di rumah, mirip juga rasanya hahaha.. Kapan2 posting resep ya.. ๐Ÿ˜. . 2. Nasi Pindang Kudus Ini kurang pekat dan hitam kuahnya (kurang kluwek) ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‰. Ciri khasnya, kuah manis legit dan pakai daun melinjo. . 3. Soto Kudus Entah uda berapa kali makan soto Kudus, rata2 mmg enak sih. . 4. Mie Goreng Jowo Nah ini nih mie goreng khasnya Semarang. Di masaknya di atas tungku, dan mas/mbaknya kudu ngipas2 juga selain sreng2. Wangi dari perapian macam ini bikin mie goreng ini pny cita rasa tersendiri. Sy suka mie Jowo yg ini (deket rmh opa oma) krn pake mie telur, jadi gak bauk plastik hahaha.. Krn di tempat lain mie nya ky plastik gitu loh.. Tau kan? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Tambahkan dgn sate, ya ampun ini satenya lazisss.. ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ . 5. Mie Godog (Mie rebus) Mie Jowo versi kuahnya. . 6. Es Dawet Duren (depan sekolah Theresiana) Yahhh okelah utk melepas dahaga di siang hari.. Beda karakter sama dawet versi Jkt. Cendolnya dia bening2 panjang ky kwetiau kering gitu. . 7. Es Gempol (Terfavorit!! โค) Es Gempol ini rupanya berbahan dasar serba beras. Yg putih itu adalah nasi dikepalin, trs yg pink itu terbuat dari tepung beras. Kuahnya pake santan yg light dikasih es sama gula halus. Ini sangat enakkkk.. Es Gempol kata mas yg jual khas Solo. . 8. Bakwan Malang Nothing spesial sih sbnrnya. Di mana2 juga banyak yg jual bakwan malang kan? Tp yg bikin ini spesial krn sedari kami msh pacaran (uda lbh dari 1dekade yg lalu), kami suka makan bakwan malang ini dan es Gempol. Hahaha.. So nostalgic tiap x kesini. Msh igt dl kita duduknya disini bla bla bla.. โ˜บโ˜บโ˜บ. . 9. Es CongLik CongLik itu kependekan dr kata : Kacung Cilik. (Correct me if I'm wrong). Sejarahnya lupa, cm kl ga salah ini ttg pegawai yg akhirnya buka sendiri. Begitu kura2.. Es puter gitu. Yg duren enakk. . 10. Tahu Petis Item2nya itu adlh petis. Kalo sy blgnya: racun cumi hahaha.. Doyanan si babang inih..
Celebrating Ayang mbeb @yanuaratmaja 's birthday.. ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐ŸŽ‚๐Ÿฅณโค. . . January 3rd, 2020 Tebak... Ini ultahnya yg ke berapa? Hahaha ๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป
๐ŸŽ‰ Happy New Year 2020 ๐ŸŽ‰ โœจโœจโœจโœจโœจโœจโœจโœจโœจโœจ Lets GO ๐Ÿ’ƒand move FORWARD โฉ to the NEXT LEVEL! โคโคโค . . Love, dAtmajas . . . #wisatasemarang #wisatasejarah #lawangsewu #tugumuda #tamantugumuda #familyportrait #datmajastrip #datmajasSEMARANG2019 #newyear
Another sweet moments at Old City Semarang โค . . . #wisatasemarang #kotalama #kotatua #kotalamasemarang #datmajastrip #datmajasSEMARANG2019 #citytour
%d bloggers like this: