Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

My 1st Time Nastar Eksperimen (Recipe)

Ahahayyy sesuai janjiku akan ku-sharing-kan resep enak kue nastar, berikut beberapa tips supaya sukses bikin nastarnya.

Btw ini adalah kali pertama diriku mencoba membuatnya. Dan hasilnya sangat memuaskan, hohoho..

Kata mas Januar bojoku pas nyobain: “Non ini mah enak banget kayak uda pro!!!” Hahaha.. melayang dehh gw.. hahaha..

Anak-anak terutama Aden doyan bangetttt..

Jadi semua capek rasanya terbayarkan!

Secara.. setengah harian kuhabiskan di dapur demi membuat kue bunder nan ajib rasanya ini.. seisi rumah juga harum banget hehee..

Yang ini tampak deketnya. Lapisan telurnya bagus dan gak gampang lepas alias tertempel sempurna ke kuenya. Teksturnya kokoh tapi ย pas digigit renyah bangedd.. Rasanya gak terlalu manis jadi pas ketemu rasa selai nanasnya yang asem manis (ini juga kubuat sendiri), makin bikin nendang seluruh isi mulut hahaha..

Ini baru keluar dari oven, still hot.. hehehe..

Ya ude.. kita langsung berbagi resep dan tips yahhh..

TIPS

* Gunakan tepung protein rendah (kunci biru)

* Gunakan tepung maizena

* Gunakan silpat/baking paper sintetis yang bisa dicuci, jadi gak lengket di loyang dan yang pasti gak boros margarin olesan loyang

* Jangan memanggang dengan suhu yang terlalu panas, maksimal 150ยฐ ajah. Dan sesuaikan dengan oven msg2, sambil terus dicek and ricek, apakah pemanggangan uda merata, kalau perlu diputer2 loyangnya. Jadi jgn ditinggal begitu saja.

RESEP

Selai Nanas:

2 bh nanas Palembang (agak besar)

4 sdm gula pasir (sesuaikan rasa dgn selera)

Bahan basah:

250 gram Blueband

90 gram gula halus

3 kuning telur

Bahan kering:

(Ayak)

250 gram tepung terigu protein rendah

150 gram tepung maizena

75 gram susu bubuk

1sdt vanili

Olesan:

2 kuning telur

1/2 sdt madu

1 sdt air

1 sdt minyak

CARA MEMBUAT

Selai Nanas

Nanas dikupas bersih dan cuci dengan air garam, tiriskan, potong-potong ke dalam ukuran yang kecil2 dan blender tanpa air (karena nanas sudah mengandung banyak air). Pada saat blend hati-hati jangan diforsir terlalu lama spy nanas tidak terlalu halus dan masih berserat. Kemarim diriku pake tombol PULSE aja, bbrp detik lepas.

Setelah itu mulai dimasak sampai sekitar 30 menit baru dimasukkan gula pasir, aduk terus sampai mengering dan terbentuk selai nanas, warnanya agak golden gitu, masak sekitar 30 menit lagi, diamkan sampai dingin dan bentuk bulatan dan sisihkan.

Adonan Nastar

Kocok dgn kecepatan rendah bahan basah, sebentar saja spy tercampur semua bahan.

Kemudian sedikit demi sedikit masukan bahan kering ke adonan basah tadi dan aduk dgn spatula sampai kalis dan bisa dibentuk.

Ambil adonan sedikit demi sedikit dan pulung bulat-bulat dan isi dgn selai nanas, letakan di loyang yg sudah diberikan silpat.

Sambil pulung adonan, panaskan oven di suhu 150ยฐC selama 20 menit.

Lalu panggang selama 20 menit, sampai 3/4 matang (sampai agak kering permukaan nastar), keluarkan dan poles dengan permukaan nastar, panggang lagi 15 menit.

Setelah jadi dinginkan dulu baru kemudian masukkan ke dalam wadah kedap.

Nastar yang lezat siap dinikmati deh..

Oiya ini jadinya sekitar 90 butir nastar, gak keburu nimbang lagi beratnya, ud dicomot bocah-bocah soalnya hehee..

Selamat mencoba yahh kawan..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 5 October 2015 by and tagged , , , .

Instagram

My baby yang uda gak baby lagi tapi ttp jadi baby buat mama.. ๐Ÿ’Ÿ you Aden.. Cintanya mama.. . Swipe terus sampe foto ke 8,9,10 --- ekspresi angop sampai kesudahannya hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ช โž–โž–โž–โž– . #marciobenayaatmaja #afternap
Aden my lil chef.. ๐Ÿ˜ป. Zuper fun today making pizzaaaahhh ๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ• with school friends.. ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ญ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ญ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ญ #marciobenayaatmaja #pizzamaker #littlechef #dominopizza
. . ๐Ÿฅ Hurricane Roll Cake ๐Ÿฅ Ikutan bikin yg lagi nge-hitz seinstagram ahh, hihihi.. Seneng, keluar juga motif garis2nya ๐Ÿ˜š. Meskipun.. Garisnya agak 'gondrong' sih, krn ini rollcakenya mini.. Spt biasa, 1 resep bolgul sy bikin jd 2 roll, biar caplokannya pas buat anak2 mkn, gak kegedean hihihi. Resep bolgul bebas, bisa pake resep bolgul andalan masing2. Harusnya td gak usa pakein meses yah biar yg menonjol garis2nya, tapi.. si Aden minta diisi meses! Ya sudah lah hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„. . . #hurricanerollcake #dapurmariyani
Waktu itu di IKEA๐Ÿฆ๐Ÿฆ๐Ÿฆ . . Anak2 dicandid sama Om @ranggapragula ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š yg lagi liburan di Jkt. Makasih ya Om Rangga.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ Jbu! . #latepost
Kmrn sepualng sekolah ditagih bikin kue sus sama si Koko. Krn emang doyan bgt dia sama kue sus, apalagi bikinan mama ya ko, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Nah krn uda lama ga bikin kue sus, jd agak2 lupa nih nyetel suhunya, mau diturunin takut gak ngembang, jd ya gitu deh.. agak gosong di bagian atas, tapi gak pait kok, hahaha.. ๐Ÿ˜‚โœŒ. . [KUE SUS FLA RHUM] Bahan: 100ml susu uht 150ml air 125gr margarine Sejumput garam 1 sdm gula pasir 160gr tepung segitiga 3-4 butir telur Cara: 1. Campur margarin, garam, gula, susu dan air. Panaskan hingga mencair. 2. Kecilkan api dan masukkan tepung sambil aduk cepat sampai menggumpal jadi satu dan kalis. 3. Angkat dan dinginkan dgn di-mixer agar uap panas cepat hilang. 4. Setelah agak hangat masukkan telur scr bertahap sambil di mixer. Jika sudah pas kekentalannya maka hentikan memasukkan telur agar tidak encer adonannya. 5. Masukkan ke dalam piping bag dan spuit bebas. 6. Oven suhu 200ยฐC selama 20 menit api bawah dan 20 menit api atas. Sesuaikan oven masing2. FLA RHUM : 1 kuning telur 350ml susu cair 100gr gula pasir 1sdm mentega 40gr maizena 1sdt rhum Caranya: ๐ŸฆCampur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan ๐ŸฆCampur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih. ๐ŸฆMasukkan campuran maizena ke dalam panci dgn disaring. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum, aduk rata. ๐ŸฆSetelah fla tidak panas, bisa dimasukkan ke dalam piping bag. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat. #dapurmariyani #kuesus #coux
Sailing.... โ›ต๐ŸŒดโ˜๐ŸŒ… #datmajas #pantaiancol #latepost
%d bloggers like this: