Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Homemade Ngohiong

Postingan kali ini datang dari dapur Mariyani yah, hihi.. ๐Ÿ’๐Ÿ’

Apakah ada yang pernah denger kata “Ngohiong” ? Jadi ngohiong ini adalah canpuran dari rempah2 dalam bentuk bubuk yang menghasilkan aroma “ngohiong” yang khas. Lebih jelasnya tentang si bubuk ngohiong atau nama Englishnya “Five Spice Powder” bisa cek diย sini. Nah, kalau kita mau bisa langsung beli jadi aja di toko yang jual rempah2, jadi gak usah repot2 memproduksi bumbu ngohiongnya, karena belom tentu pas rasanya, hehe..

Nah yang akan diriku tulis ini adalah olahan daging berbentuk seperti rolade yang menggunakan bubuk ngohiong sebagai campuran di dalam pembumbuannya. Dan di post ini eikh tulis berikut resep *supaya gak lupa dan gak telpon nyokap mulu pas mau bikin, hihihi*. Rinciannya sebagai berikut..

Bahan:
300gr daging ayam *bisa dada/paha, digiling
100gr daging udang, cincang
1 ikat daun bawang yang kecil, potong halus
8 siung bawang putih, dihaluskan
1 bh wortel, potong dadu kecil2
1 bh telur ayam besar, kocok lepas
1 sdm tepung maizena
1 sdt bubuk ngohiong
2 sdm minyak wijen
3 sdm kecap asin
1 sdm angciu
Garam, merica, penyedap dan gula pasir secukupnya
1 bks kulit tahu, potong ukuran 20x40cm

20160205_122952

Adonan setelah dibungkus kulit tahu

20160205_145646

Rolade setelah dikukus

Note: ย kulit tahu cenderung sudah berasa asin, jadi adonannya jangan terlalu asin yah.

Cara membuat:
1. Campur jadi satu semua bahan kecuali kulit tahu. Aduk rata dan sisihkan.
2. Siapkan peralatan untuk mengukus. Jangan lupa berikan lapisan kain pada tutup kukusan supaya air kukusan tidak menetes ke adonan.
3. Ambil lembaran kulit tahu yang sudah dipotong dan sendokkan adonan daging di bagian ujung kulit. Lalu lipat bagian kanan kiri baru kemudin mulai menggulung dari tengah.
4. Rolade ngohiong ditata pada panci kukusan dan kukus hingga matang. Cara pengecekan adalah ditusuk menggunakan tusuk gigi, dan kelihatan juga dari kerasnya rolade.
5. Setelah selesai dikukus, didinginkan *kalo aku biasanya dimasukin kulkas dulu supaya lebih mantep kekerasan roladenya, karena ngefek juga loh pada saat memotong nanti*. Kemudian potong sesuai selera dan goreng hingga kecoklatan.
6. Rolade ngohiong siap disajikan hangat dengan cocolan saus sambal dan tomat

20160205_151421

Ngohiong goreng lezat siap dinikmati..

Gampang kan? Intinya dari resep ini adalah seni mencampur. Kesulitan ada di bagian membungkus. Tapi, selama kita mau belajar tentunya hasil gulungan akan semakin rapi. Selamat mencoba kawan.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20 February 2016 by and tagged , , , , , , , .

Instagram

Waktu itu berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Semua area kita kelilingin dlm waktu 3.5 jam hahaha.. Kita absen dulu yuk hewan apa aja yang sempet kita lihat dan dokumentasiin.. 1. Pelikan 2-3. Giraffe (Jerapah) Ada 2 ekor Jerapah di sini, bernama Dirga & Hayuri (yang kasih nama Bpk Ahok). Bagus yah namanya.. Kalo disambung jd DirgahayuRI. 4. Elephant (Gajah) Gajahnya cm ada 2 ekor yg dilepas kmrn, ada bbrp yg msh di kandangin. Fyi.. Skrg di Ragunan sdh gak ada lagi acara menunggang gajah di sini, krn sdh diprotes oleh kebun binatang internasional. 5. Ostrich (Burung Unta) Lihat scr langsung bagus bgt bulu2nya.. 6. Orang Utan 7. Buaya 8. Banteng 9. Onta 10. Harimau #latepost #ragunanzoo #dAtmajasHoliday2018
Awalnya bikin 1 resep, langsung ludes itungan jam.. Trs kmrn bikin lagi 2 resep biar agak awetan, buat cemilan di kala liburan, hihihi. Ini kue kering gampang sekali bikinnya, bahannya juga simple, rasanya huenakkkk bangettt.. Yang gak percaya, silahkan dieksekusi ajah.. di bawah sy sharing ulang resepnya.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . . SEMPRIT KEJU Bahan : 100gr margarin 50gr butter 1 butir kuning telur 80gr gula halus 50gr keju chedar, parut 160gr tepung terigu kunci (protein rendah) 30gr maizena Cara : 1. Mixer/aduk dgn whisker : margarin, butter, kuning telur dan gula halus sampai rata saja. 2. Masukkan keju parut, aduk rata pakai spatula. 3. Masukkan terigu dan maizena yg sdh diayak, aduk rata pakai spatula. 4. Masukkan ke piping bag, dan cetak. 5. Panggang di suhu 150ยฐC selama 30menit, api bawah saja, hingga matang. 6. Angkat dan biarkan hingga agak dingin, simpan dalam wadah kedap udara. PS : pd saat mencetak, posisikan agar jangan terlalu dekat antara satu dg yg lain, krn begitu dipanggang adonan akan melebar. #dapurmariyani #sempritkeju #kuekering
. ๐Ÿ’Ÿ Our 7th wedding anniversary ๐Ÿ’Ÿ No words can describe how grateful we are for everything that YOU have been done to us. The marriage, the kiddos, the family.. . YOU are awesome Lord Jesus !! . Still.. We need YOU in our marriage life.. Coz nothing we can do without You.. . 05-06-2011 and still counting... ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ ๐Ÿ’— ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต โ€ขNuMaYโ€ข @yanuaratmaja
. Happy 5th birthday to the miracle of my life, Marcio Benaya Atmaja.. . ๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚ ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ . Jesus will always loves you and blesssss youuuu baby... . Mama ๐Ÿ’Ÿ you Papa ๐Ÿ’™ you Koko ๐Ÿ’š you . ๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰ ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿญ ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐Ÿฌ . Pagi ini kita rayakan di rumah dulu ya den, pake kue sus bikinan mama, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . . #marciobenayaatmaja
Lagi beberes galeri hp, nemu banyak juga masakan kmrn2 yang belom di-upload hihihi.. ๐Ÿฒ๐Ÿ—๐Ÿ˜๐Ÿณ๐Ÿฑ๐Ÿš๐Ÿœ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿค๐Ÿก . So, this is it.. . 1. Ayam Krispi Saos Mentega 2. Brokoli Jamur Saos Tiram 3. Kaki Naga 4. Soto Ayam Kp & Bakwan Sayur 5. Sop Kembang Tahu Ayam Kp 6. Ma Ling Goreng 7. Nasi Tim Ayam Jamur 8. Tumisan Cumi Asin 9. Nasi Liwet + Cumi + Kering Tempe + Telur Balado 10. Fu Yung Hai . Upload masakan ky gini, kapan waktu bisa nolong bgt pas lagi bingung mau masak apa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚. . #dapurmariyani #homecooking #menuharian
dAtmajas ๐Ÿ‘ซ๐Ÿ‘ฌ
%d bloggers like this: