Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Homemade Ngohiong

Postingan kali ini datang dari dapur Mariyani yah, hihi.. ๐Ÿ’๐Ÿ’

Apakah ada yang pernah denger kata “Ngohiong” ? Jadi ngohiong ini adalah canpuran dari rempah2 dalam bentuk bubuk yang menghasilkan aroma “ngohiong” yang khas. Lebih jelasnya tentang si bubuk ngohiong atau nama Englishnya “Five Spice Powder” bisa cek diย sini. Nah, kalau kita mau bisa langsung beli jadi aja di toko yang jual rempah2, jadi gak usah repot2 memproduksi bumbu ngohiongnya, karena belom tentu pas rasanya, hehe..

Nah yang akan diriku tulis ini adalah olahan daging berbentuk seperti rolade yang menggunakan bubuk ngohiong sebagai campuran di dalam pembumbuannya. Dan di post ini eikh tulis berikut resep *supaya gak lupa dan gak telpon nyokap mulu pas mau bikin, hihihi*. Rinciannya sebagai berikut..

Bahan:
300gr daging ayam *bisa dada/paha, digiling
100gr daging udang, cincang
1 ikat daun bawang yang kecil, potong halus
8 siung bawang putih, dihaluskan
1 bh wortel, potong dadu kecil2
1 bh telur ayam besar, kocok lepas
1 sdm tepung maizena
1 sdt bubuk ngohiong
2 sdm minyak wijen
3 sdm kecap asin
1 sdm angciu
Garam, merica, penyedap dan gula pasir secukupnya
1 bks kulit tahu, potong ukuran 20x40cm

20160205_122952

Adonan setelah dibungkus kulit tahu

20160205_145646

Rolade setelah dikukus

Note: ย kulit tahu cenderung sudah berasa asin, jadi adonannya jangan terlalu asin yah.

Cara membuat:
1. Campur jadi satu semua bahan kecuali kulit tahu. Aduk rata dan sisihkan.
2. Siapkan peralatan untuk mengukus. Jangan lupa berikan lapisan kain pada tutup kukusan supaya air kukusan tidak menetes ke adonan.
3. Ambil lembaran kulit tahu yang sudah dipotong dan sendokkan adonan daging di bagian ujung kulit. Lalu lipat bagian kanan kiri baru kemudin mulai menggulung dari tengah.
4. Rolade ngohiong ditata pada panci kukusan dan kukus hingga matang. Cara pengecekan adalah ditusuk menggunakan tusuk gigi, dan kelihatan juga dari kerasnya rolade.
5. Setelah selesai dikukus, didinginkan *kalo aku biasanya dimasukin kulkas dulu supaya lebih mantep kekerasan roladenya, karena ngefek juga loh pada saat memotong nanti*. Kemudian potong sesuai selera dan goreng hingga kecoklatan.
6. Rolade ngohiong siap disajikan hangat dengan cocolan saus sambal dan tomat

20160205_151421

Ngohiong goreng lezat siap dinikmati..

Gampang kan? Intinya dari resep ini adalah seni mencampur. Kesulitan ada di bagian membungkus. Tapi, selama kita mau belajar tentunya hasil gulungan akan semakin rapi. Selamat mencoba kawan.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20 February 2016 by and tagged , , , , , , , .

Instagram

Trio Mamas ๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป
Selamat pagi.. Jangan lupa bahagia kawan.. ๐ŸŒด๐Ÿ’
๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Dirgahayu 74 NKRI ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ โ€ข โ€ข Ini adalah sedikit keceriaan dari perayaan Hari Kemerdekaan RI yang setiap tahunnya diadakan di perumahan kami ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Kita ikut meramaikan dengan bbrp perlombaan yang seru2. Ada lomba makan kerupuk buat anak2 yg kynya gampang padahal mah susyehh!! ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. Terus.. ada tarik tambang, oper tepung yang berakhir dengan mandi tepung hahahaha.. Olrait boys, krn hari ini hari kemerdekaan, jadi kalian bebas merdeka main apapun!! Hahaha ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Saya ikut lomba juga dooong hahaha.. Tadi ikut lomba pindahin kacang hejo pake sumpit, hahaha.. Mayan I'm the 3rd place ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž hahaha. Dulu pas masih ngantor di Semarang, kata bosque yang oriental banget, cara pegang sumpit saya bagus dan benar hahahaha.. Makasih Bos! Itu jadi modal saya utk menang tadi wkwkwk aposehh??!! ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. . Bapake gak ikut banyak lomba, tadi cuma ikut meramaikan di perlombaan masak aja sama voli terpal, krn hari ini papa jadi "dokumentator" aka tukang poto buat kita hahahaha. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ“ท . . MERDEKA!! ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ . #17an #merdeka #harikemerdekaanri74 #lomba17an #agustusan
Pepatah berkata "Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya". ๐Ÿ“š๐Ÿ““๐Ÿ“‘๐Ÿ““ โ€ข โ€ข โ€ข โ€ข โ€ข #dAtmajasTRIP #datmajasPenang2019 #visitpenang #jalanjalanpenang #wisatapenang #penang #penangtrip #penangtoday #travelstory #icapturewhatisee #shortescape #holiday #travelphotography #traveling #travelgram #webstagram #bookxcess #bookstore
Ini lokasi yang sama waktu kita menikmati sunset di Tanjung Tokong Beach. Suka aja nikmatin waktu disini... Take me back to this place plis.. Hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . . . . #dAtmajasTRIP #datmajasPenang2019 #beach #TanjungTokong #AvatarSecretGarden #boats #nature #visitpenang #jalanjalanpenang #wisatapenang #penang #penangtrip #penangtoday #travelstory #icapturewhatisee #shortescape #holiday #travelphotography #traveling #travelgram #webstagram
Asiknyaaa main pasir. . Kalo tanya ke anak2 mana moment yang paling berkesan buat mereka selama jalan2 di Penang, jawabnya pasti : waktu main di pantai.. Di sini main air dan main pasir sepuas2nya! Biarpun badan panas terjemur sinar matahari, tapi tetep hepi aja nih anak2.. Hahahaha.. ๐Ÿ˜ธ. Priceless moment banget... ๐ŸŒดโ›…๐ŸŒŠ . . . #datmajasTRIP #datmajasPenang2019 #penang #Tanjungbungah #beach #privatebeach #copthroneorchidhotel #therocks #ontherock #sunnyday #bondingtime #dadandson #sandyboy #sandy #seasand #visitpenang #jalanjalanpenang #wisatapenang #penang #penangtrip #penangtoday #travelstory #icapturewhatisee #shortescape #holiday #travelphotography #traveling #travelgram #webstagram
%d bloggers like this: