Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Day 3 -KL City Tour

Setelah puas di Batu Caves, tujuan kami berikutnya adalah city tour ke daerah Chinatown dan sekitarnya. Berikut ini adalah ulasan petualangannya…

Kuala Lumpur

Pk.13.00-14.30

Dari Batu Caves kembali naik KTM Komuter menuju ke KL Sentral (RM2.6). Lalu lanjut naik LRT tujuan Pasar Seni, tiket seharga RM 1.6, bisa beli di mesin. Sesampainya di Stesen Pasar Seni, langsung jalan menuju ke Chinatown-nya Malaysia. Kami makan siang di salah satu restoran Chinesse, tepat di pertigaan jalan gak jauh dari turunan stesen Pasar Seni. Di restoran ini kita bisa memilih aneka makanan lezat dengan harga yang kalau dirupiahkan gak sampai 20ribu/porsi! Kami pesen nasi hainam+ayam panggang, beef noodle, che cong fan+yong tau fu, dan jangan lupa minum es teh tariknya, ajib!!! Total bayar untuk makan siang RM29.2. Siang itu karena sudah konsen urusan perut, maka gak sempat foto! Hehe..

PETALLING STREET

14.30-16.00
Kenyang makan siang kami melanjutkan perbolangan ke Jalan Petalling. Di sini kita disuguhi aneka pilihan belanjaan barang kw, mulai dari baju, tas, souvenir dan jajanan di sepanjang kanan dan kiri jalan. Jangan lupa NAWAR separo harga kalo belanja ya!! Karena para pedagang di sini suka melempar harga setinggi burung di udara, hahaha.. Oiya kalo ke Petalling Street, jangan lupa cobain Es “Air Mata Kucing” ya. Uenakkk banget dan segerrr, harganya RM2 pake es atau RM2.5 tanpa es jadi airnya makin banyak! Hehee.. “Mata Kucing” dalam bahasa Malaysia berarti lengkeng. Jadi ini tuh minuman dari lengkeng, bukan air tangisan meong, hihi.. Kami bolak-balik beli minuman ini saking doyannya!! ๐Ÿ‘๐Ÿ‘ŒSelain air mata kucing, susu kacang kedelainya Petalling Street juga enak, harga RM1.6/cup. The best susu kacang I’ve ever taste! Gak tau kenapa ya minuman di sini enak semua, manisnya pas, udahannya juga gak asem di mulut. Harganya pun bersahabat!!

PASAR SENI
(Kasturi Walk & Central Market)

Pk.16.00-16.30
Selesai dari Petalling Street, kita lanjut jalan-jalan ke Kasturi Walk dulu. Kurang lebihnya sama kayak di Petalling Street sih, ada penjual barang dan souvenir di kanan kiri jalan, cuma isinya gak terlalu banyak.

Dari situ kami melipir sedikit ke samping dan masuk ke Central Market. Ruangannya ber-AC dan masih didominasi penjual souvenir. Kalo di sini lebih banyak yang antik, dan harga sudah dibandrol. Oiya toilet di sini berbayar yah, RM0.5 sekali masuk. Keren sih ada gate keluar masuknya gitu, toiletnya sendiri antik karena design pintu toilet dari kayu. Lalu kita lanjutkan terus berjalan kaki sampai mentok, baru kemudian keluar lewat pintu belakang, ehh tahu-tahu uda mau sampe aja ke KL City Galery. Yes!!!

KL CITY GALERY
Pk. 16.30-17.45
Posisi KL City Galery ada di perempatan jalan. Jadi gampang banget ketemunya. Pertama yang kita lakukan adalah berfoto di depan tulisan I๐Ÿ’œKL berwarna merah, yang jadi simbol gedung ini. Lalu lanjutkan dengan mengenal KL lebih jauh di dalam KL City Galery. Dengan hanya membayar HTM seharga RM5/orang, tiket berupa voucher yang nantinya bisa dipakai untuk jajan di kafetaria atau beli souvenir.

Pertama-tama kita disambut oleh miniatur gedung-gedung bersejarah di Malaysia lengkap dengan cerita sejarahnya. Buat yang emang hobi sejarah tempat ini adalah tujuan yang tepat.

Miniatur gedung KL City Galery

Miniatur Masjid Jamek

Jalan terus lalu kita bisa melihat koleksi BATEK + asal muasal, yang konon diclaim sebagai milik mereka! Hmmm..BATIK itu milik Indonesia Pakcik Makcik! ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ท.

Lanjutkan ke lantai 2 untuk melihat pertunjukkan kolaborasi antara multimedia, lighting dan hamparan Malaysia mini yang ada di hadapan kita. Selamat menikmati tayangan ini. Keren banget, asli !

20160304_163439

Lagi antri masuk untuk menonton pertunjukkan di lantai 2 KL City Galery

20160304_163750

suasana di dalam pertunjukkan, beda sama di tkp! Hehe cos kita dilarang pakai blits

Sehabis itu kita ikuti petunjuk ke arah kafetaria + souvenir shop sebagai rute kelanjutan dari kegiatan menonton tadi. Souvenir di sini mewah-mewah alias mahal-mahal loh, hehehe… Jadi kami jajan aja di kafetaria. Oiya kalau ke Malaysia cobain jajanan olahan durian. Durian mereka lezat sekali, suwerrr!!! Di sini kita coba Mile Crepes Durian seharga RM13/slice, wow.. it tastes delicious!!

20160304_165106

Mile Crepes Durian yang uenaakkk tenan!

20160304_165619

si Aden minta dicubit nih, gemesin hehehe..

Selesai mengenal Malaysia lebih dalam di sini, tadinya mau melanjutkan ke Dataran Merdeka dan Abdul Samad Building untuk berfoto di sana. Namun langit sudah semakin gelap pertanda hujan akan segera datang. Alhasil kita harus cukup puas untuk berfoto di sekitaran KL City Galery. Ada Muzium Sejarah Nasional (begitu namanya menurut Google Map, tapi di fisik bangunannya sih bertulis Muzium Muzik), Muzium Seni, Mahkamah Perusahaan Malaysia. Lumayanlah sambil menunggu traffic light untuk pejalan kaki kembali hijau kita mendapat beberapa gambar di sini, hehe..

Gedung Mahkamah Perusahaan Malaysia

20160304_171421

PAVILION MALL & FAHRENHEIT MALL.
Pk.17.45-19.30
Setelah berfoto di depan Musium Muzik kembali ke Pasar Seni, kita naik bis GoKL Purple Line, rencanaya mau ke KL Tower tadinya. Tapi gak lama setelah kami masuk ke dalam bis, hujan lebat mengguyur KL sore itu.. hiks ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ญ Akhirnya kita bablasin ke Pavilion Mall aja untuk berteduh sampai agak reda. Mall ini besar dan mewah, yaa kayak PS gitu lah kalo di Jakarta. Sambil window shopping, kita mampir ke Super Hero Store, di sini keren banget ada manequin Batman lengkap dengan mobil dan motornya, berskala 1:1 !!

Lalu kita melipir sejenak ke Sport Station untuk beli kaos buat bocah-bocah. Dari situ kita diarahkan ke Fahrenheit Mall, untuk mencari toko mainan anak “ToysRUs” yang ternama di Malaysia. Tujuannya apalagi kalau bukan hunting Lego Bricks buat anak-anak.. Hehehe. Untuk perbandingan, harga normal di Indonesia = 30% lebih mahal dari harga normal di Malaysia. Jadi kalo ke Malaysia, mangga dibeli Legonya, sayang anak sayang anak… hehehe.. Nah kalo di Indo lagi ada promo 50% langsung sikatt yang banyak, hahaha…

Selesai dari ToysRUs di Fahrenheit, hujan sudah berhenti juga, dan kita lanjutkan berjalan kaki ke Wolo Hotel yang sudah tinggal beberapa langkah saja. Sebelumnya kami sempat nukar uang di salah satu Valas yang ada di pinggir jalan gak jauh dari Fahrenheit. Di sini kurs nya gak beda jauh kok dari Valas Indonesia. Dan dia buka 24 jam. Jadi kalau ada perlu-perlu banget gak usa pusing nukerin uang.

19.30-21.00
Sampai di Wolo kita istirahat sejenak dari letihnya fisik karena sudah terkuras untuk berjalan-jalan kepanasan seharian. Setelah itu beberes barang-barang karena besok pagi kudu check out hotel dan gak lupa bebersih badan biar tetep sehat dan wangi, hihi…

21.00-21.50
Karena perut sudah mulai beraksi, maka kita segera keluar cari makan di Jalan Alor lagi. Selesai dinner, suamiku bilang gak usah ke Twin Towers dulu karena dia agak lelah, pengen istirahat aja di hotel. Tapi itu kan malam terakhir kami di Malaysia, jadi aku putuskan untuk ngebolang sendiri ke KLCC demi mendapatkan gambar diri di Menara Kembar versi malam hari, sedangkan suami dan anak-anakku langsung kembali ke hotel.

Berbekal pedoman rute Bus GoKL yang hampir hafal ngelotok di kepala ini, maka kuberanikan untuk melangkahkan kaki menaiki GoKL Bus Green Line dengan tujuan KLCC. Satu-satunya yang kukhawatirkan adalah apakah masih keburu untuk masuk ke halaman KLCC karena waktu sudah jam 10an malam. Sesampainya di Suria Mall KLCC, betul aja sudah hampir tutup mall-nya. Sehingga untuk akses ke halaman belakang Suria Mall yang merupakan spot terbaik untuk ambil foto si kembar, berarti sudah ditutup. Tapi diriku memberanikan diri jalan ke arah samping, pertama-tamanya sepi, lalu makin jalan makin ketemu keramaian orang-orang yang berlomba-lomba mengambil foto bersama Twin Tower super kece ini.. huhh.. tenang deh hati ini, akih koncone hehehe… Karena malam itu diriku single traveller dan gak bawa tongsis, maka pasang muka tebel aja minta tolong orang potretin, hehehe.. abis kalo foto sendiri pakai hape kurang dapet gregetnya..

20160304_222644

22.15-22.40
Selesai ambil foto di sini dan puas menikmati kemegahan Menara Kembar yang sungguh menakjubkan, diriku cepet-cepet kembali ke terminal bus GoKL persis di depan Suria Mall. Di papan jadwal kedatangan bus statusnya sudah “TIBA” waduhh… mateng aku!! Alamat jalan kaki nih pulangnya ke hotel karena itu sudah Pk. 22.15. Takutnya uda gak ada bis lagi yang tujuan ke Bukit Bintang. Tapi setelah tanya-tanya sama orang yang juga sedang menunggu di terminal, rupanya belom datang kok bus nya, papan jadwal kadang suka gak cocok memang! Tarik napas yang dalam dan legaaa banget! Hahaha.. gak lama bus yang ditunggu-tunggupun datang juga. Sambil duduk cantik karena busnya dingin ber-AC, langsung buka hape dan pake wifi gratis yang disediakan dalam bus GoKL ini!! Fyi bus GoKL ini gratis yah alias gak dipungut biaya sama sekali. Bus ini memang diadakan pemerintah Malaysia untuk memudahkan para turis mengeksploring KL khususnya. Tapi gak sedikit juga penduduk lokal yang naik bus ini, ya eyalahh.. secara.. gratis gitu loch !! Hahaha.. Saat ini sudah disediakan 4 rute (Green Line : Pasar Seni-Bukti Bintang, Purple Line : KLCC-Bukti Bintang, Red Line dan Blue Line). Yang paling sering aku naik yang 2 di depan. Biarpun gratis, bus nya gak main-main lho cakepnya. Bersih, terawat, luas, berAC dingin, dan free wifi kenceng!! *salut sama Malaysia Goverment!!*

22.40-22.45
Bus GoKL Green Line akhirnya menurunkanku di terminal Bukit Bintang which is uda gak jauh jalan kaki ke Wolo. Asekkk.. dan suasana KL malam itu masih ramai banget loh! No need to be worry karena di sini aman, kita gak perlu merasa syerem jalan sendirian malem-malem. Banyak turis asing juga yang masih beredar di jalan-jalan jadi makin jatuh cinta sama negeri jiran ini..