Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Cheese Sponge Cake

CHEESE SPONGE CAKE ๐Ÿฐ

20160317_174250

Seperti yang uda dicurhatin di sosmed tadi, jadi sore tadi sehabis ngurus setrikaan yang menggunung, tetiba kepengeeenn banget mencoba lagi baking sponge cake. Ini adalah percobaan kedua, lumayan memuaskan. Padahal kemaren pas pertama kali coba bikin gagal total dan harus rela dibuang. Ihikk..๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ข

Nah, tadi siang ceritanya anak ini laporan sama nyokap ttg kegagalan baking kemaren dan olehnya diberi masukan ini dan itu. Mamahku bilang dia mau coba bikin dengan resep yang kemarin aku buat. Dan beberapa jam berikutnya beliau telpon dari Semarang kalo sponge cake-nya sukses! Eikh ikut seneng sekaligus penasaran makanya sehabis nyicil gosokan, tadi langsung ncus lagi aja ke #dapurmariyani dan segera eksekusi sponge cake, kali ini dengan berbekal masukan dari mamah..๐Ÿ‘ต๐Ÿ˜

Seneng banget pas sponge cake keju-nya jadi..!! ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜ Padahal kalo inget kemaren, ampun deh galaunya dirikyuu.. ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ญ Rasanya uda gak mau baking lagi! hahaha..

Kesimpulannya adalah kadang di dalam proses belajar itu akan ada yang namanya salah. Tapi jangan patah ara, tetep berusaha dan berusahalah sampai kita bisa..๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ’ช

20160317_174535

Resep Sponge Cake

Bahan:
3 butir telur
100 gram gula pasir
1/4 sdt tbm
75 gram tepung terigu
25 gram tepung maizena
100 gram margarin, lelehkan
Keju Cheddar untuk parutan secukupnya

Cara Membuat:
๐Ÿฐ Ayak jadi satu tepung terigu dan maizena, sisihkan.
๐Ÿฐ Pada wadah campur jadi satu : telur, gulpas dan tbm. Kocok hingga mengembang, sekitar 10 menitan dari speed rendah ke tinggi.
๐Ÿฐ Masukkan tepung yang sudah diayak ke adonan, lalu mixer lagi sebentar hingga tercampur rata. Gunakan speed rendah saja.
๐Ÿฐ Masukkan margarin cair dan mixer lagi sebentar saja sampai adonan rata.
๐Ÿฐ Tuang ke loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung. Hentak-hentakkan loyang hingga rata.
๐Ÿฐ Berikan parutan keju cheddar.
๐Ÿฐ Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 160ยฐC selama 40menit, sesuaikan kondisi oven masing-maisng.
๐Ÿฐ Sponge Cake cantik siap disajikan..

20160317_174233.jpg

Nb: Resep ini untuk loyang kecil ya. Kalau pakai loyang besar gunakan 6bh telur dan komposisi bahan lainnya tinggal disesuaikan.

Selamat Mencoba ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: