Mariyani Atmaja

the Diary® 👨👩👦👶

Kue Soes – Choux Puff

This is what i do to my Saturyeayeayy.. baking and baking.. 💁

Ini kali pertama bikin kue soes dengan fla vanilanya. Pengolahan adonan simple seperti kue sus kering, eclairs, churros.. Yang sulit adalah justru pada saat pemanggangan. Untuk mendapat kue sus yang mekar merekah kondisi oven harus sudah sangat panas. Kalo enggak, ya gak mekar-mekar. Kalopun mekar, nanti setelah keluar kue susnya kembali menyusut. Apalagi kalo dibuka tutup ovennya..Dari bikin kue sus ini kita jadi makin mengenal karakter si oven yang misteius itu, hahahaha… 😜😝😁😄

IMG_20160319_120653

ini akibatnya kalo buka tutup oven sebelum waktunya, hihi. Agak kempes.

Pertama bikin setengah resep, fotonya di atas ini. Hasilnya agak bantet sedikit, kempes begitu diademin, kurang merekah. Setelah ngerti salah-salahnya di mana, pada kali kedua, dengan agak PD bikin 1 resep. Dan senengnyaa.. begitu kue-kue cantik ini merekah seperti bunga yang mekar di taman! Hahaha.. *lebhay!

IMG_20160319_161337
Fla vanila-nya waktu poto ini belom set banget, jadi bleberr.. ini masih dikulkasin biar agak padat dan dingin, jadi pas mau makan tinggal semprot ke dalam susnya.. Resepnya sbb :

KULIT SOES:
250 ml air
100 gr margarin
150 gr terigu serba guna
1/4 sdt baking powder
Garam secukupnya
3 butir telur

Ps:  apabila menggunakan tepung terigu protein sedang/serba guna, maka perlu menggunakan baking powder, supaya kulit bisa berongga. Kalau menggunakan tepung protein tinggi tidak usah pakai baking powder lagi.

Cara membuat:
🍦Masukkan air dan margarin pada teflon, aduk-aduk, masak hingga berbuih.
🍦Masukkan garam dan baking powder sambil terus diaduk hingga mendidih.
🍦Masukkan terigu dan aduk dengan cepat sampai kalis.
🍦Diamkan sebentar hingga adonan menjadi hangat. Bisa dibantu dengan mixer sebentar saja (speed rendah) supaya uap panas keluar.
🍦Setelah adonan tidak lagi panas, baru masukkan telur satu per satu sambil diaduk/mixer. Pastikan adonan tercampur rata dan mencapai konsistensi adonan yang kental seperti pasta.
🍦 Masukkan adonan ke dalam piping bag, lubangi ujungnya. Lalu ambil 1 bh piping bag lagi dan pasang spuit. Masukkan piping bag pertama yg berisi adonan kulit dan ikat bagian ujung. Dan kita sudah siap mencetak soes.
🍦Pada tahap ini, panaskan oven pada suhu 205°C api atas bawah, kurleb selama 15 menit.
🍦Mulai semprotkan adonan di loyang dengan gerakan melingkar 2 kali, bertumpuk dan akhiri di tengah. Berikan jarak karena adonan akan mekar.
🍦 Setelah siap, masukkan loyang ke dalam oven rak tengah dan panggang selama kurleb 40 menit, jangan buka tutup oven sampai cairan di kue sus benar2 hilang. Karena bisa mengempis.

20160319_143507

Kue sus cantik yang mekar indah ^^

20160319_143833

Gunting kulit sus dan siap diisi fla

FLA VANILA:
1 butir kuning telur
350 ml susu cair
100 gr gula pasir
1 sdm mentega
40 gr tepung maizena
1 sdt rhum esens *optional, kalau mau aja

Cara Membuat :
🍦Campur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan
🍦Campur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih.
🍦Masukkan campuran maizena ke dalam panci. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum kalau pakai., aduk rata.
🍦Setelah fla dingin, bisa dimasukkan ke dalam piping bag dan ikat. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat.
🍦Setelah kulit jadi, dinginkan dulu di rak supaya keluar uap panasnya. Baru kemudian sobek/digunting untuk diberikan isian fla…

 

::

Resep kue sus ini untuk karakter kue sus yang lembut. Untuk resep kue sus yang teksturnya bener2 kokoh di bagian luar, nanti akan saya posting tersendiri ya..

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 19 March 2016 by and tagged , , , , , .

Instagram

My baby yang uda gak baby lagi tapi ttp jadi baby buat mama.. 💟 you Aden.. Cintanya mama.. . Swipe terus sampe foto ke 8,9,10 --- ekspresi angop sampai kesudahannya hahaha.. 😅😪 ➖➖➖➖ . #marciobenayaatmaja #afternap
Aden my lil chef.. 😻. Zuper fun today making pizzaaaahhh 🍕🍕🍕🍕 with school friends.. 👬👭👬👭👬👭 #marciobenayaatmaja #pizzamaker #littlechef #dominopizza
. . 🍥 Hurricane Roll Cake 🍥 Ikutan bikin yg lagi nge-hitz seinstagram ahh, hihihi.. Seneng, keluar juga motif garis2nya 😚. Meskipun.. Garisnya agak 'gondrong' sih, krn ini rollcakenya mini.. Spt biasa, 1 resep bolgul sy bikin jd 2 roll, biar caplokannya pas buat anak2 mkn, gak kegedean hihihi. Resep bolgul bebas, bisa pake resep bolgul andalan masing2. Harusnya td gak usa pakein meses yah biar yg menonjol garis2nya, tapi.. si Aden minta diisi meses! Ya sudah lah hahaha.. 😅😄😅😄. . . #hurricanerollcake #dapurmariyani
Waktu itu di IKEA🍦🍦🍦 . . Anak2 dicandid sama Om @ranggapragula 😊😊😊 yg lagi liburan di Jkt. Makasih ya Om Rangga.. 😇😇😇 Jbu! . #latepost
Kmrn sepualng sekolah ditagih bikin kue sus sama si Koko. Krn emang doyan bgt dia sama kue sus, apalagi bikinan mama ya ko, hihihi.. 😍😍. . Nah krn uda lama ga bikin kue sus, jd agak2 lupa nih nyetel suhunya, mau diturunin takut gak ngembang, jd ya gitu deh.. agak gosong di bagian atas, tapi gak pait kok, hahaha.. 😂✌. . [KUE SUS FLA RHUM] Bahan: 100ml susu uht 150ml air 125gr margarine Sejumput garam 1 sdm gula pasir 160gr tepung segitiga 3-4 butir telur Cara: 1. Campur margarin, garam, gula, susu dan air. Panaskan hingga mencair. 2. Kecilkan api dan masukkan tepung sambil aduk cepat sampai menggumpal jadi satu dan kalis. 3. Angkat dan dinginkan dgn di-mixer agar uap panas cepat hilang. 4. Setelah agak hangat masukkan telur scr bertahap sambil di mixer. Jika sudah pas kekentalannya maka hentikan memasukkan telur agar tidak encer adonannya. 5. Masukkan ke dalam piping bag dan spuit bebas. 6. Oven suhu 200°C selama 20 menit api bawah dan 20 menit api atas. Sesuaikan oven masing2. FLA RHUM : 1 kuning telur 350ml susu cair 100gr gula pasir 1sdm mentega 40gr maizena 1sdt rhum Caranya: 🍦Campur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan 🍦Campur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih. 🍦Masukkan campuran maizena ke dalam panci dgn disaring. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum, aduk rata. 🍦Setelah fla tidak panas, bisa dimasukkan ke dalam piping bag. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat. #dapurmariyani #kuesus #coux
Sailing.... ⛵🌴☁🌅 #datmajas #pantaiancol #latepost
%d bloggers like this: