Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Kue Soes – Choux Puff

This is what i do to my Saturyeayeayy.. baking and baking.. ๐Ÿ’

Ini kali pertama bikin kue soes dengan fla vanilanya. Pengolahan adonan simple seperti kue sus kering, eclairs, churros.. Yang sulit adalah justru pada saat pemanggangan. Untuk mendapat kue sus yang mekar merekah kondisi oven harus sudah sangat panas. Kalo enggak, ya gak mekar-mekar. Kalopun mekar, nanti setelah keluar kue susnya kembali menyusut. Apalagi kalo dibuka tutup ovennya..Dari bikin kue sus ini kita jadi makin mengenal karakter si oven yang misteius itu, hahahaha… ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

IMG_20160319_120653

ini akibatnya kalo buka tutup oven sebelum waktunya, hihi. Agak kempes.

Pertama bikin setengah resep, fotonya di atas ini. Hasilnya agak bantet sedikit, kempes begitu diademin, kurang merekah. Setelah ngerti salah-salahnya di mana, pada kali kedua, dengan agak PD bikin 1 resep. Dan senengnyaa.. begitu kue-kue cantik ini merekah seperti bunga yang mekar di taman! Hahaha.. *lebhay!

IMG_20160319_161337
Fla vanila-nya waktu poto ini belom set banget, jadi bleberr.. ini masih dikulkasin biar agak padat dan dingin, jadi pas mau makan tinggal semprot ke dalam susnya..ย Resepnya sbb :

KULIT SOES:
250 ml air
100 gr margarin
150 gr terigu serba guna
1/4 sdt baking powder
Garam secukupnya
3 butir telur

Ps: ย apabila menggunakan tepung terigu protein sedang/serba guna, maka perlu menggunakan baking powder, supaya kulit bisa berongga. Kalau menggunakan tepung protein tinggi tidak usah pakai baking powder lagi.

Cara membuat:
๐ŸฆMasukkan air dan margarin pada teflon, aduk-aduk, masak hingga berbuih.
๐ŸฆMasukkan garam dan baking powder sambil terus diaduk hingga mendidih.
๐ŸฆMasukkan terigu dan aduk dengan cepat sampai kalis.
๐ŸฆDiamkan sebentar hingga adonan menjadi hangat. Bisa dibantu dengan mixer sebentar saja (speed rendah) supaya uap panas keluar.
๐ŸฆSetelah adonan tidak lagi panas, baru masukkan telur satu per satu sambil diaduk/mixer. Pastikan adonan tercampur rata dan mencapai konsistensi adonan yang kental seperti pasta.
๐Ÿฆ Masukkan adonan ke dalam piping bag, lubangi ujungnya. Lalu ambil 1 bh piping bag lagi dan pasang spuit. Masukkan piping bag pertama yg berisi adonan kulit dan ikat bagian ujung. Dan kita sudah siap mencetak soes.
๐ŸฆPada tahap ini, panaskan oven pada suhu 205ยฐC api atas bawah, kurleb selama 15 menit.
๐ŸฆMulai semprotkan adonan di loyang dengan gerakan melingkar 2 kali, bertumpuk dan akhiri di tengah. Berikan jarak karena adonan akan mekar.
๐Ÿฆ Setelah siap, masukkan loyang ke dalam oven rak tengah dan panggang selama kurleb 40 menit, jangan buka tutup oven sampai cairan di kue sus benar2 hilang. Karena bisa mengempis.

20160319_143507

Kue sus cantik yang mekar indah ^^

20160319_143833

Gunting kulit sus dan siap diisi fla

FLA VANILA:
1 butir kuning telur
350 ml susu cair
100 gr gula pasir
1 sdm mentega
40 gr tepung maizena
1 sdt rhum esens *optional, kalau mau aja

Cara Membuat :
๐ŸฆCampur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan
๐ŸฆCampur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih.
๐ŸฆMasukkan campuran maizena ke dalam panci. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum kalau pakai., aduk rata.
๐ŸฆSetelah fla dingin, bisa dimasukkan ke dalam piping bag dan ikat. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat.
๐ŸฆSetelah kulit jadi, dinginkan dulu di rak supaya keluar uap panasnya. Baru kemudian sobek/digunting untuk diberikan isian fla…

 

::

Resep kue sus ini untuk karakter kue sus yang lembut. Untuk resep kue sus yang teksturnya bener2 kokoh di bagian luar, nanti akan saya posting tersendiri ya..

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 19 March 2016 by and tagged , , , , , .

Instagram

Kata siapa uang seratus ribuan cuma dapet bawang aja? Hahahaha.. Buktinya di #sayurbox kita bisa dapet banyakkk... ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ ๐Ÿ‡๐Ÿˆ๐Ÿ‰๐ŸŠ๐Ÿ‹๐ŸŒ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ‘๐Ÿ’๐Ÿ“๐Ÿ…๐Ÿ†๐ŸŒฝ๐Ÿ„. . Foto 1-2 : Ini orderan sy yg kesekian.. Minggu kmrn tepatnya hehehe.. Dgn 120rb aja bisa dapet segambreng tuh.. Buah2an dan sayuran dpt banyak yah.. Belom lagi ada bonusannya, acar labu sekantong! ๐Ÿ˜ธ Foto 3-4 : Ini orderan yg siang ini dianter.. Nominal 130rb an sajahh.. Kali ini sy beli bawang merah, bawang putih masing2 sekilo.. Pas kebetulan stok di rumah uda abis.. Di pasar aja kynya harganya gak bisa segitu yah.. Kualitasnya pun baguss.. Free itemnya sy cek kali ini gak ada, tp buah naganya itu loh.. Yg dtg jumbo size. Krn penasaran, sy timbang.. Ehh totalnya 3kg an! Wow... Kan sy beli 2 @29rb yah. Biasanya kl beli 1 itu dptnya 2pc buah naga dgn berat kurleb 1kiloan. Nah ini sy dikasih 3kg an.. Jd ternyata bonusannya di timbangannya.. Hehehe.. Makasihh @sayurbox, #akucintasayurbox Makin untung aja belanja di sini.. Hihihi. . Jd.. 100rb dpt apa??? Ya banyakkkk lahhh... ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†. Oiya, yg baru mau daftar dan belanja utk pertama kali di #sayurbox, jgn lupa masukkin kode "N199GEDUM" utk bisa nikmatin diskon 30rb langsung. #klikpanenkirim
Hola.. Its been so long gak update masakan rumah hihihi. . Hari ini buat lunch saya masak sop bening sayur Oyong. Btw, oyong ini banyak sekali nutrisi dan manfaatnya. Utk anak2, bisa mengurangi gejala pilek, buat mama yg msh menyusui bisa memperlancar produksi ASI.. Dan tentunya msh banyak lg deretan kebaikan2 dari Oyong ini. . Nah masalahnya kalo gak diolah dgn tepat, kdg krg enak ya jadinya, langu2 gmn gituu.. ๐Ÿ˜…. Nah sy pny resep simple tapi yahud bener... Anak2 dijamin doyan bgt sama Oyong!! Utk sayur tinggi nutrisi ky gini better dimasak bening aja tanpa minyak ya. . SOP BENING OYONG Bahan : 1btg oyong, kupas, ptg setebal 1cm 2btg wortel, kupas, ptg setebal 1cm 1bks soun, seduh air panas, tiriskan 2butir bawang putih, iris tipis 1butir bawang merah, iris tipis 2lbr daun salam, cuci dan remas Air masak secukupnya Garam, lada, kaldu jamur, secukupnya Kalo mau pake baso bisa juga, lebih enak. . Cara masak : 1. Didihkan air lalu masukkan daun salam, bawang putih, bawang merah dan wortel, masak hingga wortel setengah matang. 2. Masukkan oyong, bumbui hingga pas rasanya. 3. Masukkan soun, biarkan mendidih dan matikan apinya. 4. Siap disajikan.. ๐Ÿœ . . #dapurmariyani #sopbening #sopoyong
. KKR ANAK MCC ๐ŸŠ 15 Sept 2018 . "Knowing GOD is Cool" #menorahcommunitychurch #kkranak #menorahkids
Congrats Marco!! ๐Ÿ†๐ŸŽ‰๐ŸŽŠโœจ๐Ÿƒโšฝ #marcoadoniiaatmaja
Kemarin... Ngafe di @rossomicroroastery, one of the best kopi house in BSD.. โ˜•โ˜• Kopinya so autentik, rich in flavor.. ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ. Tempatnya sih mungil tapi cozy guarantee! Sambil ngopi sambil bacain temboknya yg penuh dgn coretan dan tulisan unik, yg bisa bgt bikin kita senyam senyum sendiri, hihihi. .. Kita kalo lagi ngafe gini suka cobain minuman panas yg bergambar dan minuman dingin, biar lengkap aja gitu ngerasain variasi kopinya hihihi..๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. .. Kalo kamu tim #kopipanas atau #kopidingin ? ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰ .. .. .. #kopirosso
. ๐ŸŽ ๐ŸŽ ๐ŸŽ  Happy Holiday ya all.. ๐ŸŽ ๐ŸŽ ๐ŸŽ  . . #corousell
%d bloggers like this: