Mariyani Atmaja

the Diary® 👨👩👦👶

Kue Sus Kulit Renyah + Rhum

Sabtu ini, 2 April 2016, dengan penuh tekad dan keberanian kembali mencoba peruntungan dengan membuat kue sus. Iya, karena Sabtu kemaren uda dengan PD nya bikin eh, GATOT!! Malah langsung bikin fla juga lagi. Jadi fla-nya ikut kebuang baru kemarin ini karena ternyata gak kuat lama2 ya, hikss.

Nah kali ini berbekal rasa penasaran akan perbedaan kue sus dengan tepung protein tinggi atau tepung serba guna, maka diriku mencoba gugel di sini : http://jajanpinggiran.blogspot.co.id/2015/08/perbedaan-tepung-terigu-protein-tinggi-sedang-dan-rendah.html?m=1. Dan memang ditulis hasilnya beda lho kalo menggunakan tepung yang beda. Baru kali ini mau bikin kue belajar teori bahannya dulu, hahaha..

Lalu kucoba mencari dan mencari dan akhirnya ketemu juga resep kue sus pakai tepung protein tinggi di https://pennylanekitchen.wordpress.com/2005/07/31/choux-pastry-aka-kue-sus/

20160402_130637.jpg

Langsung eksekusi sesuai resep, dan hasilnya mantraaaapppp! Ini jadinya seperti kue sus yang memang aku idam2kan. Luaran kokoh, supaya pas digigit nyes ketemu fla rhum-nya, hihi.. Cuma gak ngerti kenapa, masa iya sih manggangnya lama banget supaya bener2 kering dan mateng ??! Tadi uda setting suhu 200°C, dipanasin 15 menitan. Lalu dipanggang selama 60 menit, masih ada butir2 uap. Tambah lagi 10 menit baru bener-bener mateng. Itu baru 1 loyang lho.. padahal ada 3 loyang, jadi itung sendiri dah berapa lama diriku manggang kue sus!! Kalo digedein suhunya, bagian luar jadi cepet coklat padahal bagian dalam masih ada yang basah. Daripada makan kue sus belom mateng, ya udah ikutin aja maunya ni oven gimana. Toh sambil nunggu bisa sekalian bebenah nyuci perkakas kotor sambil ngelirik panggangan, hahaha..

Nah, resepnya kembali kusalin di sini aja ya biar makin hapal, hehe..

KUE SUS KOKOH
Bahan Kulit:
250 ml air
1 sdt garam
100 gr margarin
130 gr tepung protein tinggi (me: Cakra Kembar)
4 butir telur

Cara Membuat:
1. Didihkan air, garam dan margarin. Kemudian masukkan tepung sambil terus diaduk-aduk sampai merata dan matang. Kurleb tadi dimasaknya sekitar 2-3 menitan.
2. Lalu pindahkan adonan ke wadah, bantu ademin adonan dengan mixer sebentar aja pakai speed rendah.
3. Setelah rada anget, mulai masukan telur satu per satu sambil dimixer. Tadi pada saat memasukkan telur ke-4 adonan mulai agak kenyal. Lalu masukkan ke piping bag yang sudah diberikan spuit bintang.
4. Nyalakan oven dan setting di suhu 200°C, panaskan 15 menit.
5. Mulai mencetak sus di loyang. Saya tidak oles margarin dan tidak pakai kertas baking. Karena saya sudah pakai silpat. Ini penting lho, lebih ngirit jatuhnya karena bisa dicuci. Dan yang terpenting adalah gak pernah lengket sama sekali tiap baking pakai silpat.
6. Setelah oven panas, siap panggang dan perhatian keras.. JANGAN BUKA OVEN sama sekali sampai buih2nya hilang!! Penting banget kalau mau kue susnya menul2 dan gak mimpes setelah kekuar nanti, deal?! Tadi sih panggang sampai 70 menit per loyang, liat curhat di paragraf atas, hihi.. *mulai kepikiran cari oven baru yang gedean dan bagusan tentunya! Hahaha..

20160402_121849

Baru masuk oven

20160402_124012

Setengah jam manggang mulai membel

20160402_125624

tuh masih ada butir2 uap, jangan dibuka ya ovennya.. liatin aja dari luar..

20160402_130538

Kesabaran yang berbuah bahagia, hihi.. ini lagi diademin. Fotonya pake blits karena dapur agak gelap

7. Setelah keluar oven, ademin di rak kawat supaya uapnya terbebas. Sambil nunggu loyang berikutnya dipanggang di dalam oven, kita bisa siapkan fla-nya. Resep ada di sini  ya.. Kali ini aku bikin fla rhum, hmmm.. so tasty!
8. Kalau mau makan baru disemprot fla-nya ke kulit.

20160402_130619

Suweerrrrr… ini yummmyyyy…!!! 💃💃💃

9 comments on “Kue Sus Kulit Renyah + Rhum

  1. thewifeyscorner
    2 April 2016

    cakep banget kue sus nya, yummy banget pke fla rum 🙂 xx lina

    Liked by 1 person

    • Mariyani Atmaja
      2 April 2016

      Makasiii mba. GR banget nih dibilang cakep kuenya hihi..
      Iyah, aku cobain pake resep ini mantep banget hasilnya, crunchy at the ouside, di dalemnya ketemu si fla rhum yang lembut dan dingin, sesuatu banget, hihi.
      Btw, salam kenal yah mba Lina. Aku barusan follow blognya karena kayaknya dunia kita hampir mirip, hihi.. 😍😘

      Liked by 1 person

      • thewifeyscorner
        2 April 2016

        Iya mba cakep emang tuh penampakan si sus nya. Ternyata emang lebih ok kalo pake tepung protein tinggi yah buat bkin kue sus. Weekend depan deh mo cobain resep dari blog nya mba 🙂
        Salam kenal juga yah mba Mariyani 🙂 Saya sih masih amatir, masih perlu banyak belajar hehehe

        Liked by 1 person

      • Mariyani Atmaja
        3 April 2016

        Iyahh mba.. pengalamanku pake tpg protein tinggi sih lebih mirip yang dijual itu, hihi.. weekend depan ditunggu yahh mba Lina postingan sus nya, hehehe… #letsgetbaking.. 💁💁💁

        Liked by 1 person

      • thewifeyscorner
        4 April 2016

        hehehe sip mba Mariyani, kebetulan misua suka juga 🙂

        Liked by 1 person

  2. elsye
    26 April 2016

    Huhuhu….akhirny bs intip resep ibu yg energik ini,hihihi

    Liked by 1 person

    • Mariyani Atmaja
      27 April 2016

      Asekkkk… didatengin Cici Els ku yang baik hati ini… 😍😘😍😘 Makasiii yahhn Ci uda visit..

      Like

  3. Pingback: Japanesse Cream Puff | Mariyani Atmaja

  4. Pingback: Choux au Craquelin | Mariyani Atmaja

Leave a comment

Information

This entry was posted on 2 April 2016 by and tagged , , , , , , , .

Instagram

No Instagram images were found.