Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Pempek Dos

20160411_120952.jpg

Ceritanya setelah kemarin ini sukses bikin pempek adaaan, langsung planning untuk belajar bikin pempek kapal selam dan kawan-kawannya. Stok ikan tenggiri pun sudah diamankan untuk eksekusi pempek, tapi kok ada rasa galau, nanti gagal gak ya bla bla bla..

Nah tadi siang dalam rangka pemanasan dan trial error untuk bikin pempek beneran (pake ikan tenggiri), maka tadi saya coba2 bikin pempek dos dulu. Kalo gagal kan gak sakit2 amat, baik di hati maupun di kantong, hihihi.. ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

Pempek dos ini jadi adalah pempek tanpa ikan sama sekali. Kekuatan rasanya ada di kaldu campuran adonan. Kita bisa pakai kuah kaldu bekas rebusan kepala dan buntut udang, atau kaldu ayam, monggo wae dipilih.

20160411_122737.jpg

Ealahhhh, jebhuleee enakkk iq, hihi…. ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ Anak-anak doyan banget!! Tadi dibentuk model kapal selam mini ukuran gak stabil, dapat 19 biji. Uda abiss aja nih pempek!! Hahaha. Kata mas @yanuaratmaja nilainya 9 buat pempek ini, hahahaha… ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜ *melayang dehh guweh.. Eh ada plafond!! Gubrakkkk!!! Wkwkwk.. ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

Kembali ke laptop.. Nah berikut ini resepnya:
Bahan:
250 ml air putih/air kaldu udang/ayam.
2 sdt garam
2 sdt kaldu bubuk
125 gram tepung terigu (me: Segitiga Biru)
2 butir telur
150-200 gram tepung sagu Tani

Isi:
2-3 butir telur, kocok lepas

Sambal Cuko (tidak pedas):
10 siung bawang putih
2 bh cabe keriting — bisa tambahkan rawit sesuai selera.
1 sdt garam
250 ml air
secukupnya gula aren, gula pasir
2 sdm cuka — bisa ditambah sesuai selera.

1 sdm ebi yang sudah disangrai dan dihaluskan.

 
Cara membuat:
๐Ÿฒ Didihkan air, garam dan kaldu bubuk. Kemudian masukkan terigu sambil diaduk dengan menggunakan spatula dengan cepat dan aduk hingga adonan rata dan matang. Diamkan sebentar.
๐Ÿฒ Setelah adonan tidak terlalu panas, tapi masih agak hangat, pindahkan ke food processor. Masukan telur dan proses sampai adonan tercampur rata.
๐Ÿฒ Keluarkan adonan ke meja dapur yang sudah dialasi tepung sagu. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk dan uleni hingga kalis dan mudah dibentuk. Apabila mulai lengket lagi, celupkan jari tangan ke tepung sagu dan kembali membentuk pempek.
๐Ÿฒ Siapkan air di wajan besar dan masak hingga mendidih.
๐Ÿฒ Untuk membuat pempek dos kapal selam, caranya terlebih dulu bentuk model tabung/lenjer/memanjang, kemudian lubangi tengahnya dan berikan isian telur, jangan kepenuhan supaya tidak bocor. Lalu rekatkan bagian atas dan cemplung ke dalam rebusan air. Masak sekitar 20 menit sampai pempek matang. Tandanya bagian telur keras kalau ditekan. Angkat dan tiriskan.
๐Ÿฒ Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan, tiriskan dan potong-potong dan sajikan dengan sambal cuko, irisan timun dan ebi.
๐Ÿฒ Blender bawang putih dan cabai hinggal halus. Kemudian rebus bersama dengan sisa bahan, koreksi rasa dan angkat.

20160411_121159.jpg

Selamat mencoba ya teman-teman..

 

Advertisements

One comment on “Pempek Dos

  1. Pingback: Pempek Ikan Tenggiri | Mariyani Atmaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 11 April 2016 by and tagged , , , , , .
%d bloggers like this: