Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Pempek Dos

20160411_120952.jpg

Ceritanya setelah kemarin ini sukses bikin pempek adaaan, langsung planning untuk belajar bikin pempek kapal selam dan kawan-kawannya. Stok ikan tenggiri pun sudah diamankan untuk eksekusi pempek, tapi kok ada rasa galau, nanti gagal gak ya bla bla bla..

Nah tadi siang dalam rangka pemanasan dan trial error untuk bikin pempek beneran (pake ikan tenggiri), maka tadi saya coba2 bikin pempek dos dulu. Kalo gagal kan gak sakit2 amat, baik di hati maupun di kantong, hihihi.. ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

Pempek dos ini jadi adalah pempek tanpa ikan sama sekali. Kekuatan rasanya ada di kaldu campuran adonan. Kita bisa pakai kuah kaldu bekas rebusan kepala dan buntut udang, atau kaldu ayam, monggo wae dipilih.

20160411_122737.jpg

Ealahhhh, jebhuleee enakkk iq, hihi…. ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ Anak-anak doyan banget!! Tadi dibentuk model kapal selam mini ukuran gak stabil, dapat 19 biji. Uda abiss aja nih pempek!! Hahaha. Kata mas @yanuaratmaja nilainya 9 buat pempek ini, hahahaha… ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜ *melayang dehh guweh.. Eh ada plafond!! Gubrakkkk!!! Wkwkwk.. ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

Kembali ke laptop.. Nah berikut ini resepnya:
Bahan:
250 ml air putih/air kaldu udang/ayam.
2 sdt garam
2 sdt kaldu bubuk
125 gram tepung terigu (me: Segitiga Biru)
2 butir telur
150-200 gram tepung sagu Tani

Isi:
2-3 butir telur, kocok lepas

Sambal Cuko (tidak pedas):
10 siung bawang putih
2 bh cabe keriting — bisa tambahkan rawit sesuai selera.
1 sdt garam
250 ml air
secukupnya gula aren, gula pasir
2 sdm cuka — bisa ditambah sesuai selera.

1 sdm ebi yang sudah disangrai dan dihaluskan.

 
Cara membuat:
๐Ÿฒ Didihkan air, garam dan kaldu bubuk. Kemudian masukkan terigu sambil diaduk dengan menggunakan spatula dengan cepat dan aduk hingga adonan rata dan matang. Diamkan sebentar.
๐Ÿฒ Setelah adonan tidak terlalu panas, tapi masih agak hangat, pindahkan ke food processor. Masukan telur dan proses sampai adonan tercampur rata.
๐Ÿฒ Keluarkan adonan ke meja dapur yang sudah dialasi tepung sagu. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk dan uleni hingga kalis dan mudah dibentuk. Apabila mulai lengket lagi, celupkan jari tangan ke tepung sagu dan kembali membentuk pempek.
๐Ÿฒ Siapkan air di wajan besar dan masak hingga mendidih.
๐Ÿฒ Untuk membuat pempek dos kapal selam, caranya terlebih dulu bentuk model tabung/lenjer/memanjang, kemudian lubangi tengahnya dan berikan isian telur, jangan kepenuhan supaya tidak bocor. Lalu rekatkan bagian atas dan cemplung ke dalam rebusan air. Masak sekitar 20 menit sampai pempek matang. Tandanya bagian telur keras kalau ditekan. Angkat dan tiriskan.
๐Ÿฒ Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan, tiriskan dan potong-potong dan sajikan dengan sambal cuko, irisan timun dan ebi.
๐Ÿฒ Blender bawang putih dan cabai hinggal halus. Kemudian rebus bersama dengan sisa bahan, koreksi rasa dan angkat.

20160411_121159.jpg

Selamat mencoba ya teman-teman..

 

Advertisements

One comment on “Pempek Dos

  1. Pingback: Pempek Ikan Tenggiri | Mariyani Atmaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 11 April 2016 by and tagged , , , , , .

Instagram

Waktu itu berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Semua area kita kelilingin dlm waktu 3.5 jam hahaha.. Kita absen dulu yuk hewan apa aja yang sempet kita lihat dan dokumentasiin.. 1. Pelikan 2-3. Giraffe (Jerapah) Ada 2 ekor Jerapah di sini, bernama Dirga & Hayuri (yang kasih nama Bpk Ahok). Bagus yah namanya.. Kalo disambung jd DirgahayuRI. 4. Elephant (Gajah) Gajahnya cm ada 2 ekor yg dilepas kmrn, ada bbrp yg msh di kandangin. Fyi.. Skrg di Ragunan sdh gak ada lagi acara menunggang gajah di sini, krn sdh diprotes oleh kebun binatang internasional. 5. Ostrich (Burung Unta) Lihat scr langsung bagus bgt bulu2nya.. 6. Orang Utan 7. Buaya 8. Banteng 9. Onta 10. Harimau #latepost #ragunanzoo #dAtmajasHoliday2018
Awalnya bikin 1 resep, langsung ludes itungan jam.. Trs kmrn bikin lagi 2 resep biar agak awetan, buat cemilan di kala liburan, hihihi. Ini kue kering gampang sekali bikinnya, bahannya juga simple, rasanya huenakkkk bangettt.. Yang gak percaya, silahkan dieksekusi ajah.. di bawah sy sharing ulang resepnya.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . . SEMPRIT KEJU Bahan : 100gr margarin 50gr butter 1 butir kuning telur 80gr gula halus 50gr keju chedar, parut 160gr tepung terigu kunci (protein rendah) 30gr maizena Cara : 1. Mixer/aduk dgn whisker : margarin, butter, kuning telur dan gula halus sampai rata saja. 2. Masukkan keju parut, aduk rata pakai spatula. 3. Masukkan terigu dan maizena yg sdh diayak, aduk rata pakai spatula. 4. Masukkan ke piping bag, dan cetak. 5. Panggang di suhu 150ยฐC selama 30menit, api bawah saja, hingga matang. 6. Angkat dan biarkan hingga agak dingin, simpan dalam wadah kedap udara. PS : pd saat mencetak, posisikan agar jangan terlalu dekat antara satu dg yg lain, krn begitu dipanggang adonan akan melebar. #dapurmariyani #sempritkeju #kuekering
. ๐Ÿ’Ÿ Our 7th wedding anniversary ๐Ÿ’Ÿ No words can describe how grateful we are for everything that YOU have been done to us. The marriage, the kiddos, the family.. . YOU are awesome Lord Jesus !! . Still.. We need YOU in our marriage life.. Coz nothing we can do without You.. . 05-06-2011 and still counting... ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ ๐Ÿ’— ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต โ€ขNuMaYโ€ข @yanuaratmaja
. Happy 5th birthday to the miracle of my life, Marcio Benaya Atmaja.. . ๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚ ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ . Jesus will always loves you and blesssss youuuu baby... . Mama ๐Ÿ’Ÿ you Papa ๐Ÿ’™ you Koko ๐Ÿ’š you . ๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰ ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿญ ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐Ÿฌ . Pagi ini kita rayakan di rumah dulu ya den, pake kue sus bikinan mama, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . . #marciobenayaatmaja
Lagi beberes galeri hp, nemu banyak juga masakan kmrn2 yang belom di-upload hihihi.. ๐Ÿฒ๐Ÿ—๐Ÿ˜๐Ÿณ๐Ÿฑ๐Ÿš๐Ÿœ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿค๐Ÿก . So, this is it.. . 1. Ayam Krispi Saos Mentega 2. Brokoli Jamur Saos Tiram 3. Kaki Naga 4. Soto Ayam Kp & Bakwan Sayur 5. Sop Kembang Tahu Ayam Kp 6. Ma Ling Goreng 7. Nasi Tim Ayam Jamur 8. Tumisan Cumi Asin 9. Nasi Liwet + Cumi + Kering Tempe + Telur Balado 10. Fu Yung Hai . Upload masakan ky gini, kapan waktu bisa nolong bgt pas lagi bingung mau masak apa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚. . #dapurmariyani #homecooking #menuharian
dAtmajas ๐Ÿ‘ซ๐Ÿ‘ฌ
%d bloggers like this: