Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Homemade Chicken Nugget

Sejak awal 2016 ini saya dan suami memutuskan untuk mengurangi konsumsi kaki 4 dan lebih milih daging berwarna putih (ayam dan ikan, termasuk udang cumi ya hihi) untuk protein. Supaya lebih sehat aja alasannya. Nah, kalo diputer-puter terus dalam seminggu agak bosen juga kan ketemu ayam lagi, ikan lagi dst. Nah sekarang tinggal pinter-pinternya kita aja sebagai emak-emak untuk memvariasikan hidangan dari ayam ikan tsb supaya kagak monoton.

Ngomong-ngomong soal daging ayam, biasanya hampir selalu bagian dadanya saya request untuk difillet dan bagian paha dipotong. Alasannya, karena bagian dada agak kesed dan susah dikunyah sama anak-anak kalau digoreng, beda dengan bagian paha yang lebih juicy dan lembut. Kecuali dibikin opor dan gulai, dada bisa masuk. Biasanya si dada fillet saya olah jadi menu lain spt: ayam jamur, bakso goreng, dll. Tulangnya jangan dibuang, biasanya saya pakai buat ngesop, itu kaldunya masih orisinil tinggal kasih bawang putih geprek aja uda yahud. Kalo uda selesai kaldunya, daging yang masih nempel di tulang tinggal dikupas aja sampe bersih, gak mau rugi dong hahaha..

Nah, minggu lalu ada temen sharing soal mpasi untuk anaknya. Dia cerita kalo dia kemarin itu coba2 bikin nugget tapi pakai ikan gurame, hihi.. Wah ide bagus nih untuk bikin chicken nugget. Secara biar nambah variasi menu olahan dada ayam. Btw, diriku kan belom pernah gicu loh bikin nugget, tapi kayaknya gampang. Jadi waktu kemarin ungkep ayam dan tempe buat dijadiin ayam dan tempe goreng, lalu si dada ayam, kita olah deh jadi chicken nugget.
Caranya very very simple.. aduh ini mah cuma perlu ketelatenan aja sih kalo menurutku, karena prosesnya agak panjang, haha.. Ya uda, langsung ke dapur yuukk…

20160417_093400.jpg

Resep CHICKEN NUGGET :
1 bh dada ayam fillet
4 butir es batu kecil
4 siung bawang putih
1/2 bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
1 butir telur
3 sdm terigu (segitiga)
Garam, merica, gula secukupnya

Nb : Bisa ditambah brokoli atau wortel parut kalau mau. Waktu itu wortel satu batangpun tak ada di kulkasku! Hiks..

Bahan lapisan:
1 butir telur
Tepung panir/tepung roti secukupnya. Karena aku gak punya maka aku pakai lapisan ini :
3 sdm terigu
1 sdm tepung beras
1 sdt bawang putih bubuk
1 sdt garam dan merica sedikit
Cara :
1. Semua bahan dicampur jadi satu ke dalam food processor. Proses hingga halus.
2. Tes rasa ya, kalo sudah sip, tinggal dituang ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi minyak supaya nanti gak lengket.
3. Lalu kukus deh selama kurleb 30 menit.
4. Setelah itu angkat dari kukusan dan ademin sebentar.
5. Kemudia keluarkan nugget dari loyang, lalu potong2. Waktu itu diriku agak males pake cutter2 segala, alhasil potong aja kotak2.
Kalo mau dibentuk motif, bisa pakai cookies cutter, tapi inget ya, jangan terlalu tebel adonan kukusannya. Aku bikin sekitar 1 cm aja tinggi adonannya.
6. Campur bahan lapisan selain telur. Lalu celup adonan nugget ke dalam telur, dan dibalur ke adonan lapisan. Celup lagi ke dalam telur dan balur ke adonan lapisan sekali lagi.
7. Goreng hingga cokelat keemasan. Siap dihidangkan dengam saus sambal.
8. Kalau mau buat stok dan dibekukan, goreng setengah matang aja.

20160417_091623.jpg

Gampang pake banget kan? So, better bikin sendiri deh di rumah. Karena yang homemade jelas apa aja bahan yang terkandung di dalamnya..

*happiness is homemade ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

20160417_093429-1-1.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: