Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Pempek Ikan Tenggiri

Berbekal pemanasan bikin pempek dos kemarin, kali ini dengan agak yakin dan masih ada sedikit rasa takut juga sih sebenernya, takut gagal! Hahaha.. akhirnya diriku bikin juga pempek tenggiri. Dan sudah direncanain memang pengen buat yang lenjer aja banyakan, biar berasa makan iwake (baca: ikannya) hahaha.. Lagian yang kapal selam agak ribet isi telurnya kan. Tapi kalo ga ada kapal selam kurang yahud juga. Haha..

20160417_134845

Nah, resepnya kurang lebih masih sama seperti yang aku pakai pada saat bikin pempek dos kemarin. Cuma karena ini kali pakai ikan tenggiri, dan tadi setelah dikeruk aku timbang hasilnya 450gr daging. Jadi resep kemarin aku kali 2 aja deh. Resep pempek ini tehniknya memang dibuat sedemikian rupa (ada proses masak biang terlebih dulu), sehingga nanti didapati tekstur adonan pempek yang boleh dibilang lumayan kalis, jadi gampang sekali dibentuknya. Nanti lihat deh hasil pempek buatanku di bawah, cakep2 kayak yang bikin! Hahaha.. *daripada gak ada yang muji, hihi.. Hey, aku ini masih beginner banget lho.. tapi memang ini adonannya kayak play dough, jadi gampang banget dibentuknya, karena gak encer dan lembek2 gimana gitu.. Yuk ncuz langsung ke dapurrr..

PEMPEK IKAN TENGGIRI

20160417_135513

Bahan Biang :
250 gram tepung terigu protein sedang
500 ml air
5 siung bawang putih, haluskan *lebih banyak lebih baik. Biar wangi.
1 sdm garam
1 sdm kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
4 butir telur

Bahan Utama :
450 gram ikan tenggiri halus
400-450 gram tepung sagu

Cara:
๐Ÿฒ Didihkan air, garam dan kaldu bubuk dan gula. Kemudian masukkan terigu sambil diaduk dengan menggunakan spatula dengan cepat dan aduk hingga adonan rata dan matang. Diamkan sebentar.
๐Ÿฒ Setelah adonan tidak terlalu panas, tapi masih agak hangat, pindahkan ke food processor. Masukan telur dan proses sampai adonan tercampur rata.
๐Ÿฒ Keluarkan adonan biang dan campur ke ikan tenggiri yang sudan dihaluskan. Aduk rata menggunakan spatula. Masukkan sagu sedikit demi sedikit, dan aduk2 masih pakai spatula.
โฉโฉNB : sagunya lebih banyak terpakai untuk taburan di alas kerja dan dibalur ke tangan supaya tidak lengket. Jadi jangan semua, pakai sekitar 300gr. Oiya, kalau sudah masuk sagu, uleni adonan gak usah ngotot yah, karena bisa keras dan alot jadinya. Woles aja uleninnya, hihi..
๐Ÿฒ Sisakan sedikit adonan untuk dicampur dengan gilingan kulit lalu, bentuk bulat pipih.
๐Ÿฒ Siapkan air di wajan besar dan masak hingga mendidih, tambahkan 1 sdm minyak supaya tidak lengket.
๐Ÿฒ Untuk membuat pempek dos kapal selam, caranya terlebih dulu bentuk model tabung/lenjer/memanjang, kemudian lubangi tengahnya dan berikan isian telur, jangan kepenuhan supaya tidak bocor. Lalu rekatkan bagian atas dan cemplung ke dalam rebusan air. Masak sekitar 20 menit sampai pempek matang. Tandanya bagian telur keras kalau ditekan. Angkat dan tiriskan.

20160417_131400

Stok Pempekku. Kalo bikin sendiri, bisa makan sampe puas dah. Hahahha…

๐Ÿฒ Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan, tiriskan dan potong-potong dan sajikan dengan sambal cuko, irisan timun dan ebi. *maap timun lagi out of stock jugak hihihi.. Ebinya uda dicampur ke cuko.

20160417_135633.jpg

Resep cuko bisa klik diย siniย okey..

Selamat menikmati… ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Instagram

Happy Sunday ๐Ÿ‘ฏโ€โ™‚๐Ÿ‘ฏโ€โ™‚๐Ÿ‘ฏโ€โ™‚
Happy Sunday ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ . . Itu yg di bahunya Gonti, tangannya @yanuaratmaja ye bu @holiezha hahahaha.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…
Hari ini masak asem2 daging di rumah trs keinget masih belom posting #kulinersemarang lanjutannya kmrn hahaha.. ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† . . 1. Asem-Asem Daging Koh Liem Masakan rumahan sederhana tapi rasanya enak banget. Kekuatannya ada di kuah. Perpaduan asem manis gurih hmmm... ๐Ÿ˜‹. Tadi masak di rumah, mirip juga rasanya hahaha.. Kapan2 posting resep ya.. ๐Ÿ˜. . 2. Nasi Pindang Kudus Ini kurang pekat dan hitam kuahnya (kurang kluwek) ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‰. Ciri khasnya, kuah manis legit dan pakai daun melinjo. . 3. Soto Kudus Entah uda berapa kali makan soto Kudus, rata2 mmg enak sih. . 4. Mie Goreng Jowo Nah ini nih mie goreng khasnya Semarang. Di masaknya di atas tungku, dan mas/mbaknya kudu ngipas2 juga selain sreng2. Wangi dari perapian macam ini bikin mie goreng ini pny cita rasa tersendiri. Sy suka mie Jowo yg ini (deket rmh opa oma) krn pake mie telur, jadi gak bauk plastik hahaha.. Krn di tempat lain mie nya ky plastik gitu loh.. Tau kan? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Tambahkan dgn sate, ya ampun ini satenya lazisss.. ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ . 5. Mie Godog (Mie rebus) Mie Jowo versi kuahnya. . 6. Es Dawet Duren (depan sekolah Theresiana) Yahhh okelah utk melepas dahaga di siang hari.. Beda karakter sama dawet versi Jkt. Cendolnya dia bening2 panjang ky kwetiau kering gitu. . 7. Es Gempol (Terfavorit!! โค) Es Gempol ini rupanya berbahan dasar serba beras. Yg putih itu adalah nasi dikepalin, trs yg pink itu terbuat dari tepung beras. Kuahnya pake santan yg light dikasih es sama gula halus. Ini sangat enakkkk.. Es Gempol kata mas yg jual khas Solo. . 8. Bakwan Malang Nothing spesial sih sbnrnya. Di mana2 juga banyak yg jual bakwan malang kan? Tp yg bikin ini spesial krn sedari kami msh pacaran (uda lbh dari 1dekade yg lalu), kami suka makan bakwan malang ini dan es Gempol. Hahaha.. So nostalgic tiap x kesini. Msh igt dl kita duduknya disini bla bla bla.. โ˜บโ˜บโ˜บ. . 9. Es CongLik CongLik itu kependekan dr kata : Kacung Cilik. (Correct me if I'm wrong). Sejarahnya lupa, cm kl ga salah ini ttg pegawai yg akhirnya buka sendiri. Begitu kura2.. Es puter gitu. Yg duren enakk. . 10. Tahu Petis Item2nya itu adlh petis. Kalo sy blgnya: racun cumi hahaha.. Doyanan si babang inih..
Celebrating Ayang mbeb @yanuaratmaja 's birthday.. ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐ŸŽ‚๐Ÿฅณโค. . . January 3rd, 2020 Tebak... Ini ultahnya yg ke berapa? Hahaha ๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป
๐ŸŽ‰ Happy New Year 2020 ๐ŸŽ‰ โœจโœจโœจโœจโœจโœจโœจโœจโœจโœจ Lets GO ๐Ÿ’ƒand move FORWARD โฉ to the NEXT LEVEL! โคโคโค . . Love, dAtmajas . . . #wisatasemarang #wisatasejarah #lawangsewu #tugumuda #tamantugumuda #familyportrait #datmajastrip #datmajasSEMARANG2019 #newyear
Another sweet moments at Old City Semarang โค . . . #wisatasemarang #kotalama #kotatua #kotalamasemarang #datmajastrip #datmajasSEMARANG2019 #citytour
%d bloggers like this: