Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Pempek Ikan Tenggiri

Berbekal pemanasan bikin pempek dos kemarin, kali ini dengan agak yakin dan masih ada sedikit rasa takut juga sih sebenernya, takut gagal! Hahaha.. akhirnya diriku bikin juga pempek tenggiri. Dan sudah direncanain memang pengen buat yang lenjer aja banyakan, biar berasa makan iwake (baca: ikannya) hahaha.. Lagian yang kapal selam agak ribet isi telurnya kan. Tapi kalo ga ada kapal selam kurang yahud juga. Haha..

20160417_134845

Nah, resepnya kurang lebih masih sama seperti yang aku pakai pada saat bikin pempek dos kemarin. Cuma karena ini kali pakai ikan tenggiri, dan tadi setelah dikeruk aku timbang hasilnya 450gr daging. Jadi resep kemarin aku kali 2 aja deh. Resep pempek ini tehniknya memang dibuat sedemikian rupa (ada proses masak biang terlebih dulu), sehingga nanti didapati tekstur adonan pempek yang boleh dibilang lumayan kalis, jadi gampang sekali dibentuknya. Nanti lihat deh hasil pempek buatanku di bawah, cakep2 kayak yang bikin! Hahaha.. *daripada gak ada yang muji, hihi.. Hey, aku ini masih beginner banget lho.. tapi memang ini adonannya kayak play dough, jadi gampang banget dibentuknya, karena gak encer dan lembek2 gimana gitu.. Yuk ncuz langsung ke dapurrr..

PEMPEK IKAN TENGGIRI

20160417_135513

Bahan Biang :
250 gram tepung terigu protein sedang
500 ml air
5 siung bawang putih, haluskan *lebih banyak lebih baik. Biar wangi.
1 sdm garam
1 sdm kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
4 butir telur

Bahan Utama :
450 gram ikan tenggiri halus
400-450 gram tepung sagu

Cara:
๐Ÿฒ Didihkan air, garam dan kaldu bubuk dan gula. Kemudian masukkan terigu sambil diaduk dengan menggunakan spatula dengan cepat dan aduk hingga adonan rata dan matang. Diamkan sebentar.
๐Ÿฒ Setelah adonan tidak terlalu panas, tapi masih agak hangat, pindahkan ke food processor. Masukan telur dan proses sampai adonan tercampur rata.
๐Ÿฒ Keluarkan adonan biang dan campur ke ikan tenggiri yang sudan dihaluskan. Aduk rata menggunakan spatula. Masukkan sagu sedikit demi sedikit, dan aduk2 masih pakai spatula.
โฉโฉNB : sagunya lebih banyak terpakai untuk taburan di alas kerja dan dibalur ke tangan supaya tidak lengket. Jadi jangan semua, pakai sekitar 300gr. Oiya, kalau sudah masuk sagu, uleni adonan gak usah ngotot yah, karena bisa keras dan alot jadinya. Woles aja uleninnya, hihi..
๐Ÿฒ Sisakan sedikit adonan untuk dicampur dengan gilingan kulit lalu, bentuk bulat pipih.
๐Ÿฒ Siapkan air di wajan besar dan masak hingga mendidih, tambahkan 1 sdm minyak supaya tidak lengket.
๐Ÿฒ Untuk membuat pempek dos kapal selam, caranya terlebih dulu bentuk model tabung/lenjer/memanjang, kemudian lubangi tengahnya dan berikan isian telur, jangan kepenuhan supaya tidak bocor. Lalu rekatkan bagian atas dan cemplung ke dalam rebusan air. Masak sekitar 20 menit sampai pempek matang. Tandanya bagian telur keras kalau ditekan. Angkat dan tiriskan.

20160417_131400

Stok Pempekku. Kalo bikin sendiri, bisa makan sampe puas dah. Hahahha…

๐Ÿฒ Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan, tiriskan dan potong-potong dan sajikan dengan sambal cuko, irisan timun dan ebi. *maap timun lagi out of stock jugak hihihi.. Ebinya uda dicampur ke cuko.

20160417_135633.jpg

Resep cuko bisa klik diย siniย okey..

Selamat menikmati… ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Instagram

. . ๐Ÿฅ Hurricane Roll Cake ๐Ÿฅ Ikutan bikin yg lagi nge-hitz seinstagram ahh, hihihi.. Seneng, keluar juga motif garis2nya ๐Ÿ˜š. Meskipun.. Garisnya agak 'gondrong' sih, krn ini rollcakenya mini.. Spt biasa, 1 resep bolgul sy bikin jd 2 roll, biar caplokannya pas buat anak2 mkn, gak kegedean hihihi. Resep bolgul bebas, bisa pake resep bolgul andalan masing2. Harusnya td gak usa pakein meses yah biar yg menonjol garis2nya, tapi.. si Aden minta diisi meses! Ya sudah lah hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„. . . #hurricanerollcake #dapurmariyani
Waktu itu di IKEA๐Ÿฆ๐Ÿฆ๐Ÿฆ . . Anak2 dicandid sama Om @ranggapragula ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š yg lagi liburan di Jkt. Makasih ya Om Rangga.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ Jbu! . #latepost
Kmrn sepualng sekolah ditagih bikin kue sus sama si Koko. Krn emang doyan bgt dia sama kue sus, apalagi bikinan mama ya ko, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Nah krn uda lama ga bikin kue sus, jd agak2 lupa nih nyetel suhunya, mau diturunin takut gak ngembang, jd ya gitu deh.. agak gosong di bagian atas, tapi gak pait kok, hahaha.. ๐Ÿ˜‚โœŒ. . [KUE SUS FLA RHUM] Bahan: 100ml susu uht 150ml air 125gr margarine Sejumput garam 1 sdm gula pasir 160gr tepung segitiga 3-4 butir telur Cara: 1. Campur margarin, garam, gula, susu dan air. Panaskan hingga mencair. 2. Kecilkan api dan masukkan tepung sambil aduk cepat sampai menggumpal jadi satu dan kalis. 3. Angkat dan dinginkan dgn di-mixer agar uap panas cepat hilang. 4. Setelah agak hangat masukkan telur scr bertahap sambil di mixer. Jika sudah pas kekentalannya maka hentikan memasukkan telur agar tidak encer adonannya. 5. Masukkan ke dalam piping bag dan spuit bebas. 6. Oven suhu 200ยฐC selama 20 menit api bawah dan 20 menit api atas. Sesuaikan oven masing2. FLA RHUM : 1 kuning telur 350ml susu cair 100gr gula pasir 1sdm mentega 40gr maizena 1sdt rhum Caranya: ๐ŸฆCampur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan ๐ŸฆCampur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih. ๐ŸฆMasukkan campuran maizena ke dalam panci dgn disaring. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum, aduk rata. ๐ŸฆSetelah fla tidak panas, bisa dimasukkan ke dalam piping bag. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat. #dapurmariyani #kuesus #coux
Sailing.... โ›ต๐ŸŒดโ˜๐ŸŒ… #datmajas #pantaiancol #latepost
No words can describe how i love you babes.. ๐Ÿ’ž๐ŸŒด๐Ÿšค๐Ÿšขโ›ตโ˜ #datmajas
Siang tadi iseng main #Snapchat sama Koko #marcoadoniiaatmaja ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜, sementara si Aden lagi gak mau foto, gak mood hahaha.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
%d bloggers like this: