Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Pempek Ikan Tenggiri

Berbekal pemanasan bikin pempek dos kemarin, kali ini dengan agak yakin dan masih ada sedikit rasa takut juga sih sebenernya, takut gagal! Hahaha.. akhirnya diriku bikin juga pempek tenggiri. Dan sudah direncanain memang pengen buat yang lenjer aja banyakan, biar berasa makan iwake (baca: ikannya) hahaha.. Lagian yang kapal selam agak ribet isi telurnya kan. Tapi kalo ga ada kapal selam kurang yahud juga. Haha..

20160417_134845

Nah, resepnya kurang lebih masih sama seperti yang aku pakai pada saat bikin pempek dos kemarin. Cuma karena ini kali pakai ikan tenggiri, dan tadi setelah dikeruk aku timbang hasilnya 450gr daging. Jadi resep kemarin aku kali 2 aja deh. Resep pempek ini tehniknya memang dibuat sedemikian rupa (ada proses masak biang terlebih dulu), sehingga nanti didapati tekstur adonan pempek yang boleh dibilang lumayan kalis, jadi gampang sekali dibentuknya. Nanti lihat deh hasil pempek buatanku di bawah, cakep2 kayak yang bikin! Hahaha.. *daripada gak ada yang muji, hihi.. Hey, aku ini masih beginner banget lho.. tapi memang ini adonannya kayak play dough, jadi gampang banget dibentuknya, karena gak encer dan lembek2 gimana gitu.. Yuk ncuz langsung ke dapurrr..

PEMPEK IKAN TENGGIRI

20160417_135513

Bahan Biang :
250 gram tepung terigu protein sedang
500 ml air
5 siung bawang putih, haluskan *lebih banyak lebih baik. Biar wangi.
1 sdm garam
1 sdm kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
4 butir telur

Bahan Utama :
450 gram ikan tenggiri halus
400-450 gram tepung sagu

Cara:
๐Ÿฒ Didihkan air, garam dan kaldu bubuk dan gula. Kemudian masukkan terigu sambil diaduk dengan menggunakan spatula dengan cepat dan aduk hingga adonan rata dan matang. Diamkan sebentar.
๐Ÿฒ Setelah adonan tidak terlalu panas, tapi masih agak hangat, pindahkan ke food processor. Masukan telur dan proses sampai adonan tercampur rata.
๐Ÿฒ Keluarkan adonan biang dan campur ke ikan tenggiri yang sudan dihaluskan. Aduk rata menggunakan spatula. Masukkan sagu sedikit demi sedikit, dan aduk2 masih pakai spatula.
โฉโฉNB : sagunya lebih banyak terpakai untuk taburan di alas kerja dan dibalur ke tangan supaya tidak lengket. Jadi jangan semua, pakai sekitar 300gr. Oiya, kalau sudah masuk sagu, uleni adonan gak usah ngotot yah, karena bisa keras dan alot jadinya. Woles aja uleninnya, hihi..
๐Ÿฒ Sisakan sedikit adonan untuk dicampur dengan gilingan kulit lalu, bentuk bulat pipih.
๐Ÿฒ Siapkan air di wajan besar dan masak hingga mendidih, tambahkan 1 sdm minyak supaya tidak lengket.
๐Ÿฒ Untuk membuat pempek dos kapal selam, caranya terlebih dulu bentuk model tabung/lenjer/memanjang, kemudian lubangi tengahnya dan berikan isian telur, jangan kepenuhan supaya tidak bocor. Lalu rekatkan bagian atas dan cemplung ke dalam rebusan air. Masak sekitar 20 menit sampai pempek matang. Tandanya bagian telur keras kalau ditekan. Angkat dan tiriskan.

20160417_131400

Stok Pempekku. Kalo bikin sendiri, bisa makan sampe puas dah. Hahahha…

๐Ÿฒ Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan, tiriskan dan potong-potong dan sajikan dengan sambal cuko, irisan timun dan ebi. *maap timun lagi out of stock jugak hihihi.. Ebinya uda dicampur ke cuko.

20160417_135633.jpg

Resep cuko bisa klik diย siniย okey..

Selamat menikmati… ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Instagram

Trio Mamas ๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป
Selamat pagi.. Jangan lupa bahagia kawan.. ๐ŸŒด๐Ÿ’
๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Dirgahayu 74 NKRI ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ โ€ข โ€ข Ini adalah sedikit keceriaan dari perayaan Hari Kemerdekaan RI yang setiap tahunnya diadakan di perumahan kami ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Kita ikut meramaikan dengan bbrp perlombaan yang seru2. Ada lomba makan kerupuk buat anak2 yg kynya gampang padahal mah susyehh!! ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. Terus.. ada tarik tambang, oper tepung yang berakhir dengan mandi tepung hahahaha.. Olrait boys, krn hari ini hari kemerdekaan, jadi kalian bebas merdeka main apapun!! Hahaha ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Saya ikut lomba juga dooong hahaha.. Tadi ikut lomba pindahin kacang hejo pake sumpit, hahaha.. Mayan I'm the 3rd place ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž hahaha. Dulu pas masih ngantor di Semarang, kata bosque yang oriental banget, cara pegang sumpit saya bagus dan benar hahahaha.. Makasih Bos! Itu jadi modal saya utk menang tadi wkwkwk aposehh??!! ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. . Bapake gak ikut banyak lomba, tadi cuma ikut meramaikan di perlombaan masak aja sama voli terpal, krn hari ini papa jadi "dokumentator" aka tukang poto buat kita hahahaha. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ“ท . . MERDEKA!! ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ . #17an #merdeka #harikemerdekaanri74 #lomba17an #agustusan
Pepatah berkata "Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya". ๐Ÿ“š๐Ÿ““๐Ÿ“‘๐Ÿ““ โ€ข โ€ข โ€ข โ€ข โ€ข #dAtmajasTRIP #datmajasPenang2019 #visitpenang #jalanjalanpenang #wisatapenang #penang #penangtrip #penangtoday #travelstory #icapturewhatisee #shortescape #holiday #travelphotography #traveling #travelgram #webstagram #bookxcess #bookstore
Ini lokasi yang sama waktu kita menikmati sunset di Tanjung Tokong Beach. Suka aja nikmatin waktu disini... Take me back to this place plis.. Hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . . . . #dAtmajasTRIP #datmajasPenang2019 #beach #TanjungTokong #AvatarSecretGarden #boats #nature #visitpenang #jalanjalanpenang #wisatapenang #penang #penangtrip #penangtoday #travelstory #icapturewhatisee #shortescape #holiday #travelphotography #traveling #travelgram #webstagram
Asiknyaaa main pasir. . Kalo tanya ke anak2 mana moment yang paling berkesan buat mereka selama jalan2 di Penang, jawabnya pasti : waktu main di pantai.. Di sini main air dan main pasir sepuas2nya! Biarpun badan panas terjemur sinar matahari, tapi tetep hepi aja nih anak2.. Hahahaha.. ๐Ÿ˜ธ. Priceless moment banget... ๐ŸŒดโ›…๐ŸŒŠ . . . #datmajasTRIP #datmajasPenang2019 #penang #Tanjungbungah #beach #privatebeach #copthroneorchidhotel #therocks #ontherock #sunnyday #bondingtime #dadandson #sandyboy #sandy #seasand #visitpenang #jalanjalanpenang #wisatapenang #penang #penangtrip #penangtoday #travelstory #icapturewhatisee #shortescape #holiday #travelphotography #traveling #travelgram #webstagram
%d bloggers like this: