Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Rajungan Masak Asam manis

20160418_114828.jpg

Pertama-tama saya mau tanya.. ini tuh termasuk “high in protein or cholesterol” ya?? Hahaha.. ๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป. Sesekali bolehlah menikmati seafood yang satu ini.

Btw, ini tuh kepiting jenis rajungan, tadi dipilihin si abang di pasar ada yang jantan (warnanya biru muda, cakep banget ya!), dan yang betina ini ada telurnya. Jujur ajah baru kali ini diriku masak rajungan. Kemaren2 bawaannya takut aja gak bisa ngolahnya, padahal si ayang nunu uda kepengen banget dimasakin menu yang satu ini.. Eh tadi pas lagi belanja, gak tau kenapa tiba2 pengen beli dan masakin buat suamiku tersayang, hihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

20160418_105531.jpg

Dan seperti biasa, bahan uda dibeli padahal gambaran sama sekali belom ada untuk diolah kayak apa. Ah, gpp lah pikirku.. kan bisa talipun (baca: telepon) si enyak di Semarang, hahaha.. Abis telponan bla bla bla, resep sudah di kepala, langsung eksekusi deh di dapur. Gak pake lama “Rajungan masak Asem Manis” ini siap dihidangkan.. ๐Ÿฒ๐Ÿด

Uhlalabambaaaa…. yang paling aku suka kalau mengolah seafood itu gak perlu waktu yang banyak. Karena memang uda karakternya kali ya, kudu dimasak cepat (*fastfood kali??! Hahaha..). Kayak semisal cumi sama udang deh contohnya, itu kalo kelamaan dikit aja dimasaknya, ceritanya over cooked gitu.. pasti keras dan alot! Yah, jadi memang selain asik gak pake lama, juga ada tantangannya kalo mengolah panganan laut, harus pas waktunya.

Back to the masakan Rajungan Asem Manis-ku.. Jadi ini resepnya very very simple dan hau chek!! I guarantee for this! Gak percaya uang kembali! Hahaha.. *apaan sih??! Hahaha..

20160418_114834

Resepnya sbb:
RAJUNGAN ASEM MANIS

Bahan:
3 ekor Rajungan
2 sdm minyak goreng
3 siung bawang putih, geprek cincang halus *pakai bawang putih yang cutting untuk keharuman dan rasa yang lebih mantrepp..
1 bh bawang bombay ukuran kecil, iris2
2 bh jahe, geprek
1 bh tomat
1 lbr daun bawang
1 lbr daun seledri
Saus tiram
Kecap asin
Saus tomat
Saus sambal sedikit
Garam, merica, kaldu bubuk, gula, secukupnya
Air matang secukupnya
1 butir telur, kocok lepas
1 sdm maizena, larutkan dengan air

Cara:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga harum. 2. Masukkan rajungan yang sudah dibersihkan, masak hingga berubah warna.
3. Masukkan air dan mulai bumbui, tes rasa.
4. Kalau sudah mendidih, masukkan kocokan telur sambil diaduk2.
5. Masukkan daun bawang dan seledri.
6. Masukkan larutan maizena, masak lagi sebentar hingga matang.
7. Sajikan.

Gampang pake banget ya.. hehe..
Dan yang paling istimewa adalah si ayang bilang enaaaakk, hihihi.. Tandanya kalo dia doyan banget, biasanya makan sambil angkat kaki gitu dah!! Hahaha… *maap buka kartu yank! ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„. Sementara ini masakanku yang dia paling doyan dan gragas makannya (baca : makan kayak kerakusan), adalah sayur asem lengkap sama ikan asin, sambel dan lalapan. Itu dia bisa nambah nasi dan makan sampe keringetan, gak lupa angkat kaki ya! Hahaha.. Sambil memuji “sayur asemmu enak banget non!” Hahahaha… Sama nih dengan si Rajungan ini, bolak balik muji terus.. bikin GR aja, hihi..

Ya uda segitu dulu ya oret2anku. Semoga resepnya pada suka.. Good night..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 18 April 2016 by and tagged , , , , , , .

Instagram

. . ๐Ÿฅ Hurricane Roll Cake ๐Ÿฅ Ikutan bikin yg lagi nge-hitz seinstagram ahh, hihihi.. Seneng, keluar juga motif garis2nya ๐Ÿ˜š. Meskipun.. Garisnya agak 'gondrong' sih, krn ini rollcakenya mini.. Spt biasa, 1 resep bolgul sy bikin jd 2 roll, biar caplokannya pas buat anak2 mkn, gak kegedean hihihi. Resep bolgul bebas, bisa pake resep bolgul andalan masing2. Harusnya td gak usa pakein meses yah biar yg menonjol garis2nya, tapi.. si Aden minta diisi meses! Ya sudah lah hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„. . . #hurricanerollcake #dapurmariyani
Waktu itu di IKEA๐Ÿฆ๐Ÿฆ๐Ÿฆ . . Anak2 dicandid sama Om @ranggapragula ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š yg lagi liburan di Jkt. Makasih ya Om Rangga.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ Jbu! . #latepost
Kmrn sepualng sekolah ditagih bikin kue sus sama si Koko. Krn emang doyan bgt dia sama kue sus, apalagi bikinan mama ya ko, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Nah krn uda lama ga bikin kue sus, jd agak2 lupa nih nyetel suhunya, mau diturunin takut gak ngembang, jd ya gitu deh.. agak gosong di bagian atas, tapi gak pait kok, hahaha.. ๐Ÿ˜‚โœŒ. . [KUE SUS FLA RHUM] Bahan: 100ml susu uht 150ml air 125gr margarine Sejumput garam 1 sdm gula pasir 160gr tepung segitiga 3-4 butir telur Cara: 1. Campur margarin, garam, gula, susu dan air. Panaskan hingga mencair. 2. Kecilkan api dan masukkan tepung sambil aduk cepat sampai menggumpal jadi satu dan kalis. 3. Angkat dan dinginkan dgn di-mixer agar uap panas cepat hilang. 4. Setelah agak hangat masukkan telur scr bertahap sambil di mixer. Jika sudah pas kekentalannya maka hentikan memasukkan telur agar tidak encer adonannya. 5. Masukkan ke dalam piping bag dan spuit bebas. 6. Oven suhu 200ยฐC selama 20 menit api bawah dan 20 menit api atas. Sesuaikan oven masing2. FLA RHUM : 1 kuning telur 350ml susu cair 100gr gula pasir 1sdm mentega 40gr maizena 1sdt rhum Caranya: ๐ŸฆCampur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan ๐ŸฆCampur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih. ๐ŸฆMasukkan campuran maizena ke dalam panci dgn disaring. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum, aduk rata. ๐ŸฆSetelah fla tidak panas, bisa dimasukkan ke dalam piping bag. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat. #dapurmariyani #kuesus #coux
Sailing.... โ›ต๐ŸŒดโ˜๐ŸŒ… #datmajas #pantaiancol #latepost
No words can describe how i love you babes.. ๐Ÿ’ž๐ŸŒด๐Ÿšค๐Ÿšขโ›ตโ˜ #datmajas
Siang tadi iseng main #Snapchat sama Koko #marcoadoniiaatmaja ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜, sementara si Aden lagi gak mau foto, gak mood hahaha.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
%d bloggers like this: