Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Pie Susu

20160425_185142-1

Kata iklan di tipi ๐Ÿ“บ, “Jangan lupa sarapan sebelum jam 9 ๐Ÿ•˜ untuk mencukupi kebutuhan gizi anda.”
Nah sarapan kami pagi ini menunya Pie Susu sama teh anget ๐Ÿต.. *halah.. ngapusi.. abis itu tetep makan nasi! Hahaha…

Pie susu ini bikinan kemaren sore. Karena terlalu lelah baru posting pagi tadi di sosmed. Sebenernya kemaren itu agak ragu mau baking apa enggak, soalnya pagi2 uda baking roti tawar, terus lanjut masak buat bekel suami dan anak2 makan siang. Lalu masih lanjut lagi bikin Ngohiong, karena terlanjur keluarin stok dada ayam fillet dari freezer. Soalnya paling pantang kalo uda abis dibekuin terus dicairin, terus dibekuin lagi. Jadi setengah harian itu ceritanya nongkrongin dapur mulu nih.. Baru dapet break bentar, malah sempet ketiduran siang setengah jam. Eh terus dapet mood untuk eksekusi pie susu. Hayu dah langsung ncuz ke dapur.. hahaha..

20160426_070033

Crunchy outside, dan pas ketemu si susunya, hmmm.. yumm.. ๐Ÿ’๐Ÿ’ Anak2 dan bapaknya doyan, jadii, tau kan yaaa maksudnya ?? Hahaha.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜ Asli ini sih simple dan gampang deh, cuma perlu ketekunan khususnya dalam proses mengolesi loyang yang mungil2 ini dan nanti pada saat nyuciinnya hahahaha… selebihnya, ini resep anti gagal, ciyus! โœŒ๐Ÿ˜‰

Resep PIE SUSU
http://www.justtryandtaste.com

Bahan Pie Crust/Kulit Pie:
– 350 gr tepung terigu protein sedang (โ–ฒbiru)
– 1/2 sdt garam
– 2 sdm gula bubuk (me: 1sdm)
– 225 gram mentega/margarine, masukkan ke chiller kulkas hingga dingin dan keras, potong-potong ukuran 2 x 2 cm
– 50 – 80 ml air es

Bahan Isi:
– 3 butir kuning telur
– 200 gram susu kental manis (me: SKM Frisian Flag yang Gold)
– 100 ml air

Cara membuat:
1. Siapkan dalam wadah.. terigu, garam, gula halus. Aduk2 aja biar merata. Kemudian masukkan mentega beku ke dalam campuran terigu. Aduk menggunakan 2 bh garpu, dicacah2 gitu. Hindari menyentuh dengan tangan. Karena suhu panas dari tangan kita bisa membuat mentega lumer. Hentikan proses saat adonan sudah berbutir2. Gak perlu nunggu sampai halus.
2. Setelah mencapai konsistensi terbalurnya mentega dengan tepung seperti remah2an, maka masukan air es sedikit2 sambil adonan dirapat2kan menjadi bentuk bola. Tidak perlu diuleni ya karena kita bukan sedang membuat roti. Hentikan proses sampai adonan sudah cukup kalis dalam artian tidak rapuh tapi tidak juga lengket, sehingga mudah dibentuk. Sisihkan.
3. Masukkan adonan dalam wadah tertutup dan istirahatkan di kulkas bawah/chiller kembali. Sekitar 15 menit.
4. Sambil menunggu adonan, kita poles loyang mungil dengan margarin. Tipis2 aja dan merata. Nb: lumayan lama nih bagian ini!. Siap2 pegel.. Hahaha..
5. Selesai mengolesi loyang, kemudian mulai mencetak kulit ke loyang. Caranya dengan mengambil sedikit adonan gilas setebal 3mm kira2, melebihi diameter loyang (saya menggunakan loyang kecil diameter 5cm). Kemudian tempelkan ke loyang dan ditekan2 di bagian sisi kelilingnya. Tusuk2 dengan garpu pada bagian dasar.

20160425_164703
6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 170ยฐC, api atas bawah, selama 10 menit.
7. Sambil menunggu loyang pertama dipanggang, kita siapkan isian. Kocok lepas kuning telur menggunakan ballon whisker. Kemudian masukkan SKM dan air. Kocok lagi sampai merata. Saring. Harus disaring ya supaya isian bersih.
8. Setelah panggang 10 menit, keluarkan loyang dari oven dan tuangkan isian susu lalu panggang kembali hingga pie susu matang sempurna. Lamanya memanngang tergantung oven masing2 ya. Kalo oven saya mah seperti biasa, lama pake banget haha.. saya butuh sekitar 60 menit untuk 1 kali memanggang.

20160425_162549
9. Setelah pie matang dan berwarna kecokelatan, dinginkan sebentar. Lalu tinggal ketuk dari belakang loyang dan keluar deh pie susunya. Resep ini sudah terbukti gak pake acara lengket di loyang kok. Jadi gampang banget keluarin pie susunya.
10. Kalo sudah adem, bisa dimakan deh. Atau kalau mau, masukkan dalam wadah rapat dan masukkan kulkas. Lebih nikmat dimakan dingin lho.

Selamat mencoba yaaa… ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ’

Jangan lupa “Happiness is HOMEMADE”

20160425_185142-1

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 April 2016 by and tagged , , , , , , .

Instagram

. . ๐Ÿฅ Hurricane Roll Cake ๐Ÿฅ Ikutan bikin yg lagi nge-hitz seinstagram ahh, hihihi.. Seneng, keluar juga motif garis2nya ๐Ÿ˜š. Meskipun.. Garisnya agak 'gondrong' sih, krn ini rollcakenya mini.. Spt biasa, 1 resep bolgul sy bikin jd 2 roll, biar caplokannya pas buat anak2 mkn, gak kegedean hihihi. Resep bolgul bebas, bisa pake resep bolgul andalan masing2. Harusnya td gak usa pakein meses yah biar yg menonjol garis2nya, tapi.. si Aden minta diisi meses! Ya sudah lah hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„. . . #hurricanerollcake #dapurmariyani
Waktu itu di IKEA๐Ÿฆ๐Ÿฆ๐Ÿฆ . . Anak2 dicandid sama Om @ranggapragula ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š yg lagi liburan di Jkt. Makasih ya Om Rangga.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ Jbu! . #latepost
Kmrn sepualng sekolah ditagih bikin kue sus sama si Koko. Krn emang doyan bgt dia sama kue sus, apalagi bikinan mama ya ko, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Nah krn uda lama ga bikin kue sus, jd agak2 lupa nih nyetel suhunya, mau diturunin takut gak ngembang, jd ya gitu deh.. agak gosong di bagian atas, tapi gak pait kok, hahaha.. ๐Ÿ˜‚โœŒ. . [KUE SUS FLA RHUM] Bahan: 100ml susu uht 150ml air 125gr margarine Sejumput garam 1 sdm gula pasir 160gr tepung segitiga 3-4 butir telur Cara: 1. Campur margarin, garam, gula, susu dan air. Panaskan hingga mencair. 2. Kecilkan api dan masukkan tepung sambil aduk cepat sampai menggumpal jadi satu dan kalis. 3. Angkat dan dinginkan dgn di-mixer agar uap panas cepat hilang. 4. Setelah agak hangat masukkan telur scr bertahap sambil di mixer. Jika sudah pas kekentalannya maka hentikan memasukkan telur agar tidak encer adonannya. 5. Masukkan ke dalam piping bag dan spuit bebas. 6. Oven suhu 200ยฐC selama 20 menit api bawah dan 20 menit api atas. Sesuaikan oven masing2. FLA RHUM : 1 kuning telur 350ml susu cair 100gr gula pasir 1sdm mentega 40gr maizena 1sdt rhum Caranya: ๐ŸฆCampur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan ๐ŸฆCampur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih. ๐ŸฆMasukkan campuran maizena ke dalam panci dgn disaring. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum, aduk rata. ๐ŸฆSetelah fla tidak panas, bisa dimasukkan ke dalam piping bag. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat. #dapurmariyani #kuesus #coux
Sailing.... โ›ต๐ŸŒดโ˜๐ŸŒ… #datmajas #pantaiancol #latepost
No words can describe how i love you babes.. ๐Ÿ’ž๐ŸŒด๐Ÿšค๐Ÿšขโ›ตโ˜ #datmajas
Siang tadi iseng main #Snapchat sama Koko #marcoadoniiaatmaja ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜, sementara si Aden lagi gak mau foto, gak mood hahaha.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
%d bloggers like this: