Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Pie Susu

20160425_185142-1

Kata iklan di tipi ๐Ÿ“บ, “Jangan lupa sarapan sebelum jam 9 ๐Ÿ•˜ untuk mencukupi kebutuhan gizi anda.”
Nah sarapan kami pagi ini menunya Pie Susu sama teh anget ๐Ÿต.. *halah.. ngapusi.. abis itu tetep makan nasi! Hahaha…

Pie susu ini bikinan kemaren sore. Karena terlalu lelah baru posting pagi tadi di sosmed. Sebenernya kemaren itu agak ragu mau baking apa enggak, soalnya pagi2 uda baking roti tawar, terus lanjut masak buat bekel suami dan anak2 makan siang. Lalu masih lanjut lagi bikin Ngohiong, karena terlanjur keluarin stok dada ayam fillet dari freezer. Soalnya paling pantang kalo uda abis dibekuin terus dicairin, terus dibekuin lagi. Jadi setengah harian itu ceritanya nongkrongin dapur mulu nih.. Baru dapet break bentar, malah sempet ketiduran siang setengah jam. Eh terus dapet mood untuk eksekusi pie susu. Hayu dah langsung ncuz ke dapur.. hahaha..

20160426_070033

Crunchy outside, dan pas ketemu si susunya, hmmm.. yumm.. ๐Ÿ’๐Ÿ’ Anak2 dan bapaknya doyan, jadii, tau kan yaaa maksudnya ?? Hahaha.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜ Asli ini sih simple dan gampang deh, cuma perlu ketekunan khususnya dalam proses mengolesi loyang yang mungil2 ini dan nanti pada saat nyuciinnya hahahaha… selebihnya, ini resep anti gagal, ciyus! โœŒ๐Ÿ˜‰

Resep PIE SUSU
http://www.justtryandtaste.com

Bahan Pie Crust/Kulit Pie:
– 350 gr tepung terigu protein sedang (โ–ฒbiru)
– 1/2 sdt garam
– 2 sdm gula bubuk (me: 1sdm)
– 225 gram mentega/margarine, masukkan ke chiller kulkas hingga dingin dan keras, potong-potong ukuran 2 x 2 cm
– 50 – 80 ml air es

Bahan Isi:
– 3 butir kuning telur
– 200 gram susu kental manis (me: SKM Frisian Flag yang Gold)
– 100 ml air

Cara membuat:
1. Siapkan dalam wadah.. terigu, garam, gula halus. Aduk2 aja biar merata. Kemudian masukkan mentega beku ke dalam campuran terigu. Aduk menggunakan 2 bh garpu, dicacah2 gitu. Hindari menyentuh dengan tangan. Karena suhu panas dari tangan kita bisa membuat mentega lumer. Hentikan proses saat adonan sudah berbutir2. Gak perlu nunggu sampai halus.
2. Setelah mencapai konsistensi terbalurnya mentega dengan tepung seperti remah2an, maka masukan air es sedikit2 sambil adonan dirapat2kan menjadi bentuk bola. Tidak perlu diuleni ya karena kita bukan sedang membuat roti. Hentikan proses sampai adonan sudah cukup kalis dalam artian tidak rapuh tapi tidak juga lengket, sehingga mudah dibentuk. Sisihkan.
3. Masukkan adonan dalam wadah tertutup dan istirahatkan di kulkas bawah/chiller kembali. Sekitar 15 menit.
4. Sambil menunggu adonan, kita poles loyang mungil dengan margarin. Tipis2 aja dan merata. Nb: lumayan lama nih bagian ini!. Siap2 pegel.. Hahaha..
5. Selesai mengolesi loyang, kemudian mulai mencetak kulit ke loyang. Caranya dengan mengambil sedikit adonan gilas setebal 3mm kira2, melebihi diameter loyang (saya menggunakan loyang kecil diameter 5cm). Kemudian tempelkan ke loyang dan ditekan2 di bagian sisi kelilingnya. Tusuk2 dengan garpu pada bagian dasar.

20160425_164703
6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 170ยฐC, api atas bawah, selama 10 menit.
7. Sambil menunggu loyang pertama dipanggang, kita siapkan isian. Kocok lepas kuning telur menggunakan ballon whisker. Kemudian masukkan SKM dan air. Kocok lagi sampai merata. Saring. Harus disaring ya supaya isian bersih.
8. Setelah panggang 10 menit, keluarkan loyang dari oven dan tuangkan isian susu lalu panggang kembali hingga pie susu matang sempurna. Lamanya memanngang tergantung oven masing2 ya. Kalo oven saya mah seperti biasa, lama pake banget haha.. saya butuh sekitar 60 menit untuk 1 kali memanggang.

20160425_162549
9. Setelah pie matang dan berwarna kecokelatan, dinginkan sebentar. Lalu tinggal ketuk dari belakang loyang dan keluar deh pie susunya. Resep ini sudah terbukti gak pake acara lengket di loyang kok. Jadi gampang banget keluarin pie susunya.
10. Kalo sudah adem, bisa dimakan deh. Atau kalau mau, masukkan dalam wadah rapat dan masukkan kulkas. Lebih nikmat dimakan dingin lho.

Selamat mencoba yaaa… ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ’

Jangan lupa “Happiness is HOMEMADE”

20160425_185142-1

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 April 2016 by and tagged , , , , , , .
%d bloggers like this: