Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Japanesse Cream Puff

Curhat session:
“Hari ini seharian berkutat di dapur, dari pagi sampe sore menjelang malam. Banyak rencana mau eksekusi ini dan itu di kepala. Akhirnya kuputuskan mau bikin Choipan aja.. Karena tadi pagi pas ke pasar kebetulan ada bengkoang dan emang uda dikomporin sama Ciciku di Semarang buat jajalin bikin dari kemaren.

Ceritanya uda persiapan bahan ini dan itu dan baca berkali2 resep dan proses pembuatannya sampe mudeng (mengerti). Ealahh.. jebhule angel iq.. (rupanya susahhh!!). Trickyyyyyy bangettt !!! Jadi agak trauma nih sama resep makanan yang pake tepung beras. Karena kemarin itu diriku juga ada trial bikin kwetiau, hasilnya juga gagghhal soalnya.. Hahaha… akhirnya harus kurelakan adonan kwetiau kemarin dan hari ini choipan lengkap dengan isinya harus berakhir di tong sampah karena gatot! *nangis dulu ya, hiksss… ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

20160427_170044

Yahh.. pengalaman di dapur memang ada banyak suka dukanya.. Banyakan sukanya sih, hehe.. Dapurku jadi saksi bisu manakala aku berubah menjadi murung gara2 gagal mengeksekusi satu resep. Dan dia juga menjadi saksi betapa bahagianya diriku kalo pas bikin sesuatu berhasil.. *normal! Hahahaha..”

Nah tadi sore ceritanya pengen balikin mood, supaya gak BT terus gara2 kegagalan di Choipan itu. Jadi diriku nyoba bikin kue sus aja. Tapi versi lain, karena kali ini ada selimutnya, hehe. Thanks to @doyanbaking dan Ci @fen.z tentunya, karena sudah berbagi inspirasi resep kue sus yang lucu ini.. *i’m in love..๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ’—

IMG_20160427_192738.jpg

Kue susnya ini jadi lebih eye catching karena crackingnya itu lho.. Crunchy teksturnya dan rasanya kayak biskuit gitu loh selimutnya.. Wanginya pas lagi dipanggang, alamakkk vanilaaaa… ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š

Gak usah pake isian aja uda enak dicaploknya hehe.. Dan karena tadi uda kesorean banget mulai bakingnya, jadi gak keburu bikin isian fla. Karena diriku harus buru2 persiapan masak buat makan malam. *si aa uda mau pulang soalnya hahaha..

JAPANESSE CREAM PUFF
Adapted from Okashi by Keiko Ishida

{Resep toppingnya saja saya salin ulang di sini yah biar makin hapal ๐Ÿ“ Kalo resep kue susnya bisa pake resep kue sus sendiri}

Bahan Topping/Cookie Dough :
100 gr tepung protein sedang (segitiga biru)
75 gr mentega, potong2
3 sdm gula kastor (gula pasir butir halus)
1 sdt vanila extract

Cara:.
๐Ÿ€Campur gula, tepung, mentega dan vanila. Uleni ringan sampai tercampur rata pakai tangan aja. Gak usah lama2 megang adonan.. Yang penting disatukan sampai membentuk segelondong bulatan yang rapat aja.
๐Ÿ€Bungkus plastic wrap, masukkan di kulkas/chiller selama 1 jam.
๐Ÿ€Sambil nunggu cookie dough-nya set, kita panaskan oven di suhu 200 dercel api atas bawah. Lalu kita buat kue susnya seperti biasa. Resep bisa liat di sini ya..

20160427_155752

Karena cuma bikin 1/2 resep jadi males manggang 2 ronde. Adonan sisa dikit disumplein di sela2. Jangan ditiru yah, hahaha… nanti pas mekar jadi nempel kuenya.. harus kasih space.

๐Ÿ€Jangan lupa setelah spuit adonan kue sus, keluarkan cookie dough yang tadi di dalam kulkas, lalu gilas/pipihkan pakai tangan aja, tipis2 ya, sekitar 3mm. Lalu selimutkan di atas spuit-an adonan sus. Soalnya tadi eikehh begitu selesai spuit, dengan PD-nya langsung aja masukin ke oven, wkwkwk… lha adonan selimutnya aja masih duduk cantik di kulkas padahal, piye tho jeng??! *maklum kalo uda kecapean agak gak konsen, Hahaha… Untung diriku segera sadar dan cepet keluarin deh loyangnya dari oven, kalo gak mah batal deh bikin Japanesse Puff ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜. Btw, bikin selimutnya gak usah dipecah2 kayak aku gitu ya, jadinya malah gampang copot, pas kue sus mekar. Better selimutnya bulat pipih dan solid, jadi 1 lembar gitu, nanti kena panas langsung crack kok.

20160427_164204
๐Ÿ€Panggang deh seperti biasa, api atas bawah suhu 200ยฐC sampai matang, dinginkan dan sajikan..

20160427_170014
Happy baking… ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

Advertisements

One comment on “Japanesse Cream Puff

  1. Pingback: Choux au Craquelin | Mariyani Atmaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Instagram

. . ๐Ÿฅ Hurricane Roll Cake ๐Ÿฅ Ikutan bikin yg lagi nge-hitz seinstagram ahh, hihihi.. Seneng, keluar juga motif garis2nya ๐Ÿ˜š. Meskipun.. Garisnya agak 'gondrong' sih, krn ini rollcakenya mini.. Spt biasa, 1 resep bolgul sy bikin jd 2 roll, biar caplokannya pas buat anak2 mkn, gak kegedean hihihi. Resep bolgul bebas, bisa pake resep bolgul andalan masing2. Harusnya td gak usa pakein meses yah biar yg menonjol garis2nya, tapi.. si Aden minta diisi meses! Ya sudah lah hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„. . . #hurricanerollcake #dapurmariyani
Waktu itu di IKEA๐Ÿฆ๐Ÿฆ๐Ÿฆ . . Anak2 dicandid sama Om @ranggapragula ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š yg lagi liburan di Jkt. Makasih ya Om Rangga.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ Jbu! . #latepost
Kmrn sepualng sekolah ditagih bikin kue sus sama si Koko. Krn emang doyan bgt dia sama kue sus, apalagi bikinan mama ya ko, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Nah krn uda lama ga bikin kue sus, jd agak2 lupa nih nyetel suhunya, mau diturunin takut gak ngembang, jd ya gitu deh.. agak gosong di bagian atas, tapi gak pait kok, hahaha.. ๐Ÿ˜‚โœŒ. . [KUE SUS FLA RHUM] Bahan: 100ml susu uht 150ml air 125gr margarine Sejumput garam 1 sdm gula pasir 160gr tepung segitiga 3-4 butir telur Cara: 1. Campur margarin, garam, gula, susu dan air. Panaskan hingga mencair. 2. Kecilkan api dan masukkan tepung sambil aduk cepat sampai menggumpal jadi satu dan kalis. 3. Angkat dan dinginkan dgn di-mixer agar uap panas cepat hilang. 4. Setelah agak hangat masukkan telur scr bertahap sambil di mixer. Jika sudah pas kekentalannya maka hentikan memasukkan telur agar tidak encer adonannya. 5. Masukkan ke dalam piping bag dan spuit bebas. 6. Oven suhu 200ยฐC selama 20 menit api bawah dan 20 menit api atas. Sesuaikan oven masing2. FLA RHUM : 1 kuning telur 350ml susu cair 100gr gula pasir 1sdm mentega 40gr maizena 1sdt rhum Caranya: ๐ŸฆCampur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan ๐ŸฆCampur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih. ๐ŸฆMasukkan campuran maizena ke dalam panci dgn disaring. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum, aduk rata. ๐ŸฆSetelah fla tidak panas, bisa dimasukkan ke dalam piping bag. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat. #dapurmariyani #kuesus #coux
Sailing.... โ›ต๐ŸŒดโ˜๐ŸŒ… #datmajas #pantaiancol #latepost
No words can describe how i love you babes.. ๐Ÿ’ž๐ŸŒด๐Ÿšค๐Ÿšขโ›ตโ˜ #datmajas
Siang tadi iseng main #Snapchat sama Koko #marcoadoniiaatmaja ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜, sementara si Aden lagi gak mau foto, gak mood hahaha.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
%d bloggers like this: