Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Flu Singapur (HMFD)

Mengawali bulan Juni ini dengan perasaan galau.. Anak sakit gantian tuh rasanya *&%ยฅ#! Tapi ya mau gimana lagi ya.. namanya juga penyakit, datang gak diundang! Belajar bersyukur aja..

Nah berawal dari situ, kemarin ini jadi kepikiran mau catet ah di blog, supaya *amit2* kalo ada yang kena kasus penyakit serupa bisa cek penanganannya seperti apa dan sekaligus referensi obatnya.

Kronologinya jadi sbb :
๐ŸŽ Senin 30 Mei 2016
Liburan seharian ke Bandung, anak2 fit.
๐ŸŽ Selasa 31 Mei 2016
Main air di Ocean Park, anak2 fit.
๐ŸŽ Rabu 1 Juni 2016
Main2 di rumah aja, semua dalam kondisi prima, sehat dan ceria.
๐Ÿ’‰ Kamis 2 Juni 2016
Si Koko demam ringan pas bobok malam.
Seperti biasa kami hanya kasih NAPREX untuk penurun panas. Resep obat ini uda kami pakai dari Marco masih bayi dan cocok. Takarannya aja yang disesuaikan dengan usia dan berat badan anak. Besoknya sembuh dan kami pun tenang.
๐Ÿ’‰ Jumat 3 Juni 2016
Malam hari si Aden demam tinggi. Padahal sebelumnya anak ini biasa aja, sehat2 dan ceria. Heran banget tiba2 pas lagi bobok demam tinggi! Kita kasih NAPREX juga. Tapi sampai besok harinya masih demam. Nafsu makan mulai berkurang, tepatnya gak mau makan. Dan rewel.
๐Ÿ’‰ Sabtu 4 Juni 2016 Siang
Si Aden sudah mulai gak demam, sudah mulai ceria kembali tapi ada yang aneh di bibirnya, ada bentolan merah2. Karena curiga flu singapur (Hand Mouth Foot Disease), langsung cek ke tangan.. ahhh rupanya sudah ada beberapa bentolan merah kecil di telapak tangan dan telapak kakinya! Shock.. pasti! Segera cek gugel untuk make sure gejala awal flu singapur apa aja. Dan semuanya cocok! Sore itu juga segera bawa ke RS Carollus dan dokter SpA yang menangani juga mengiyakan kalo Aden kena flu singapur. Hiks.. padahal besoknya kan Aden ultaaaahh..๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
๐Ÿ’‰ Minggu 5 Juni 2016
Aden makin meringis dan rewel sekali karena sariawan di mulutnya banyak sekali dan itu bikin dia kesakitan. Puji Tuhan si Aden doyan minum air, jadi gak sampe dehidrasi. Untuk makan memang pasti akan sulit. Makanya dokter SpA juga menyarankan untuk diberikan es krim atau jus buah, yang dingin2. Masalahnya si Aden emohh.. dia lebih suka minum air putih aja dan es teh manis. Lumayan gulanya bikin dia agak kenyang lah. Karena sama sekali gak bisa makan lho gara2 flu singapur ini. Es teh manisnya aku masukkin chia seeds bubuk, supaya ada nutrisi.
๐Ÿ’‰ Senin 6 Juni 2016 sore hari
Si Koko tiba2 bilang tenggorokannya kebakaran, panas. Malamnya pas tidur mulai demam, berlangsung sampai keesokan harinya. Si Aden uda mulai membaik.
๐Ÿ’‰ Selasa 7 Juni 2016
Koko demam seharian dan sangat rewel. Badan sangat lemas karena koko susah minum, beda sama Aden. Lalu di bawah mata ada bentol kecil 1. Yaahh.. ini mah si Koko ketularan flu singapur dah!!
๐Ÿ’‰ Rabu 8 Juni 2016
Ada susulan bentol kecil gak berjendol di bawah bibir, di siku dan betis. Yang aku perhatiin emang posisi diserangnya antara Koko sama Aden beda. Di telapak tangan dan kakinya Koko hampir gak ada bentol. Hari Rabu itu udah mulai ceria, nafsu makan mulai ada, tapi untuk menelan masih susah.
๐Ÿ’‰ Kamis 9 Juni 2016
Bentolan mulai mengering dan anaknya uda mulai usil! Hahaha.. Cuma nafsu makan belum kembali seperti sedia kala, masih harus dipaksa makannya.
๐Ÿ’‰ Jumat 10 Juni 2016
Anak2 uda bisa dibilang back to normal. Nafsu makan juga sudah kembali. Bentol2 mulai kering.
Fakta:
Penyakit flu singapur ini gak berbahaya seperti flu burung. Masalahnya penyakit ini menular banget, 90% menular! Biasanya menyerang anak2 di bawah usia 5 tahun yang mana daya tahan tubuhnya masih belum kuat. Tapi gak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa kena. Makanya jaga kesehatan, banyak minum air putih dan jaga kebersihan.

Penyebab penyakit ini adalah virus. Biasanya pasien yang kena flu singapur masa inkubasinya sekitar 1 minggu sebelum demam. Jadi coba cek ada di mana anak2 kita seminggu sebelum demam itu, di sanalah sebenernya anak sudah terjangkiti.

Penyakit flu singapur ini menyerang 3 organ yaitu: mulut, tangan, kaki. Yang parah, bentol2nya bisa berjendol kayak lepuhan berisi cairan gitu. Bayangin yang di telapak kaki gimana rasanya! Nah, yang di mulut itu kebanyakan yang bikin pasien menderita. Karena sariawan jadi perih, tenggorokan panas jadi susah menelan makanan/minuman. Dan yang terparah, bisa2 dirawat di RS kalo sampe dehidrasi karena sulit makan minum itu tadi.

Penyakit flu singapur sifatnya self healing. Jadi pasien bisa sembuh dengan sendirinya. Maksimal 10 hari sudah sembuh total, ini untuk kasus yang parah ya. Baca di gugel juga katanya belum ada obat untuk flu singapur, dikarenakan penyebabnya adalah berbagai virus, jadi banyak jenis virusnya. Dokterpun hanya akan memberikan semacam booster untuk stamina aja. Kalau ada sariawan dikasih obat kumur khusus yang bisa membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Obat yang dikasih spt ini:

1465560967210.jpg

— Isoprinosin Methisoprinol (Antivirus) diberikan 3x sehari setelah makan.
Mari berdoa senantiasa supaya kita dan segenap keluarga diberikan kesehatan yang baik. Karena kesehatan nahal harganya! Amin..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 10 June 2016 by and tagged , , , .
%d bloggers like this: