Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

NASTAR CLASSIC

Always do anything with heart.. ๐Ÿ’Ÿ
Termasuk ketika baking.. hati kita harus ada di dalamnya, supaya makin enak dong ya.., hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

Kali ini cobain bikin NASTAR pake resepnya Cici @tintinrayner di Instagram, yang tipikalnya crunchy punya, makasiii yah Ci.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜. Kebetulan masih ada sisa butter, jadi hayu dah..

1466230018093

NASTAR CLASSIC {Crunchy}
๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ
ala @tintinrayner

Bahan Kulit:
125 gr butter (me: Blue Triangle)
125 gr margarine (me: Blueband Cake&Cookie)
60 gr gula halus
1 butir kuning telur
275 gr tepung protein rendah
50 gr maizena
60 gr susu bubuk

Isian:
2 bh nanas palembang ukuran agak besar.
3 bh cengkeh
2 btg kayu manis
Secukupnya gula pasir (sesuaikan dengan rasa nanas itu sendiri dan selera masing)

Polesan :
2 kuning telur
1/2 sdt madu
1 sdt minyak
1 sdt air

Cara Membuat :
Selai Nanas:
1. Kupas nanas, buang mata dan bersihkan, lalu potong kecil2.
2. Blender cepat hingga agak sedikit halus saja. Gunakan tombol PULSE. Jangan lama2 spy nanas tdk semakin berair dan menjadi jus!
3. Tuang ke dalam teflon dan masak nanas dengan cengkeh dan kayu manis, hingga agak kering dan cairan menyusut.
4. Masukkan gula pasir sesuaikan dengan selera, masak hingga golden brown sambil aduk2 supaya tidak lengket dan gosong.
5. Dinginkan lalu pulung2 menjadi bola dan simpan dalam kulkas.

1466228137632

Kulit :
1. Kocok butter, margarine, gula halus sampai pucat, lalu masukkan kuning telur, kocok rata, matikan mixer.
2. Turunkan tepung2an yang sudah diayak (tepung, maizena dan susu bubuk), aduk rata pakai spatula.
3. Simpan adonan sebentar ke chiller, dan siap dibentuk dengan isiam selai nanas dan berikan polesan telur.
4. Oven pada suhu 155ยฐC 35-40 menit.
5. Jadi deh Nastarnya..
Btw, diriku super excited sekali karena postingan Nastar ini banyak yang apresiasi di Instagram. Makasih yaaa semuanyaa.. terutama utk @doyanbaking Hehehe..๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

1466227416354

Oiya ada beberapa yang tanya, kenapa Nastarnya bisa mulus, gak retak dan mengkilat? Saya share ya pengalaman selama baking, semoga membantu..

โœจ Sebelumnya, tiap bikin nastar saya gak pake butter, hanya mengandalkan margarin yang sudah mix butter dari sononya, seperti Palmia Royal atau Blueband Cake & Cookies. Dengan pemikiran, kan di dalamnya uda terkandung kedua bahan yg dimaksud, yaitu mentega+margarin. Tapi, hasilnya tetep retak.. Nah, kemarin saya mencoba ikut resep seutuhnya, saya turut sertakan mentega/butter/roombutter ke dalam adonan. Selain rasa nastarnya juga makin wah, teksturnya juga mulus. Btw foto2 ini gak ada yang pake filter ya, semua kondisi di lapangan, apa adanya. Hehe.

โœจ Yang berikutnya, faktor yang membuat nastar gak retak yaitu temperatur suhu oven. Pastikan suhunya gak ketinggian, supaya panasnya pas. Kenal betul kondisi oven masing2 adalah salah satu kunci utk mendapat kue nastar yang mulus ini.

โœจ Kenapa bisa mengkilat?
Cobain deh pake resep polesan:
2 kuning telur
1/2 sdt madu
1 sdt air
1 sdt minyak sayur bersih
Aduk jadi satu dan siap digunakan utk polesan. Tekstur campuran polesan ini pas, tdk keenceran dan tdk terlalu kental shg mudah pada saat aplikasi ke kue dan hasilnya selalu kilap. Kalo kurang solid warnanya, bisa poles 2x *kayak pakai kuteks gituu ๐Ÿ’…๐Ÿ’…๐Ÿ’…, hehehe..

Semoga membantu yaaa.. Happy baking ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’. Don’t forget to (always) put your heart there.. ๐Ÿ’™๐Ÿ’œ๐Ÿ’š๐Ÿ’—โค๐Ÿ’˜

1466230133724

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Instagram

My baby yang uda gak baby lagi tapi ttp jadi baby buat mama.. ๐Ÿ’Ÿ you Aden.. Cintanya mama.. . Swipe terus sampe foto ke 8,9,10 --- ekspresi angop sampai kesudahannya hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ช โž–โž–โž–โž– . #marciobenayaatmaja #afternap
Aden my lil chef.. ๐Ÿ˜ป. Zuper fun today making pizzaaaahhh ๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ• with school friends.. ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ญ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ญ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ญ #marciobenayaatmaja #pizzamaker #littlechef #dominopizza
. . ๐Ÿฅ Hurricane Roll Cake ๐Ÿฅ Ikutan bikin yg lagi nge-hitz seinstagram ahh, hihihi.. Seneng, keluar juga motif garis2nya ๐Ÿ˜š. Meskipun.. Garisnya agak 'gondrong' sih, krn ini rollcakenya mini.. Spt biasa, 1 resep bolgul sy bikin jd 2 roll, biar caplokannya pas buat anak2 mkn, gak kegedean hihihi. Resep bolgul bebas, bisa pake resep bolgul andalan masing2. Harusnya td gak usa pakein meses yah biar yg menonjol garis2nya, tapi.. si Aden minta diisi meses! Ya sudah lah hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„. . . #hurricanerollcake #dapurmariyani
Waktu itu di IKEA๐Ÿฆ๐Ÿฆ๐Ÿฆ . . Anak2 dicandid sama Om @ranggapragula ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š yg lagi liburan di Jkt. Makasih ya Om Rangga.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ Jbu! . #latepost
Kmrn sepualng sekolah ditagih bikin kue sus sama si Koko. Krn emang doyan bgt dia sama kue sus, apalagi bikinan mama ya ko, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Nah krn uda lama ga bikin kue sus, jd agak2 lupa nih nyetel suhunya, mau diturunin takut gak ngembang, jd ya gitu deh.. agak gosong di bagian atas, tapi gak pait kok, hahaha.. ๐Ÿ˜‚โœŒ. . [KUE SUS FLA RHUM] Bahan: 100ml susu uht 150ml air 125gr margarine Sejumput garam 1 sdm gula pasir 160gr tepung segitiga 3-4 butir telur Cara: 1. Campur margarin, garam, gula, susu dan air. Panaskan hingga mencair. 2. Kecilkan api dan masukkan tepung sambil aduk cepat sampai menggumpal jadi satu dan kalis. 3. Angkat dan dinginkan dgn di-mixer agar uap panas cepat hilang. 4. Setelah agak hangat masukkan telur scr bertahap sambil di mixer. Jika sudah pas kekentalannya maka hentikan memasukkan telur agar tidak encer adonannya. 5. Masukkan ke dalam piping bag dan spuit bebas. 6. Oven suhu 200ยฐC selama 20 menit api bawah dan 20 menit api atas. Sesuaikan oven masing2. FLA RHUM : 1 kuning telur 350ml susu cair 100gr gula pasir 1sdm mentega 40gr maizena 1sdt rhum Caranya: ๐ŸฆCampur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan ๐ŸฆCampur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih. ๐ŸฆMasukkan campuran maizena ke dalam panci dgn disaring. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum, aduk rata. ๐ŸฆSetelah fla tidak panas, bisa dimasukkan ke dalam piping bag. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat. #dapurmariyani #kuesus #coux
Sailing.... โ›ต๐ŸŒดโ˜๐ŸŒ… #datmajas #pantaiancol #latepost
%d bloggers like this: