Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Serba Mie (Bakmi, Misoa, Spaghetti)

Makan nasi terus bocen juga ya, hihihi.. Makanya kadang aku masukin menu alternahtif karbo selain nasi. Dan yang paling digemari di rumah ini tentunya aneka ria mie. Bisa bakmi rebus, misoa kuah/goreng, spaghetti, kwetiau goreng/siram, bakmi goreng, dll).

Ulasan di bawah ini adalah tentang seputaran mie! ย ๐Ÿ๐Ÿœ Yuk dicekidot..

 

1. Misoa Kuah

IMG_20170715_213845.jpg

Misoa kuah sayur oyong. Ini adalah salah satu cara utk menyuguhkan sayur yang gak favorit supaya anak tetep mau makan. And it works!! The kiddos sukaakk sekaleehh, Hehe..

MISOA KUAH OYONG ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ
Bahan:
2 bagian misoa
1 bh oyong, kupas, potong kecil2
1 butir telur
1 siung bawang putih, geprek, cincang halus
Kecap asin, garam sedikit
Air masak secukupnya
Minyak wijen secukupnya

Cara:
Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan telur, goreng sambil di orak-arik kasar aja kemudian masukkan air dan oyong, masak hingga mendidih. Lalu masukkan misoa, kecap asin dan garam sedikit aja. Tes rasa, kalo sudah sip masukan sedikit minyak wijen. Sajikan hangat, hmmm…. Laziss yet healthy! ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

 

2. Bakmi Kepiting

Bakmi Kepiting
Ini adalah solusi buat anak2 yang gak doyan makan kepiting yang dimasak utuh alias masih kelihatan bodinya.. Nah kalo dijadiin topping bakmi kan enakk tuh.

IMG_20170715_213014.jpg
BAKMIE KEPITING
bahan :
Mie basah/kering (me : mie Burung Dara)
Caisim
Tauge
Kepiting
Otak-otak goreng
Kuah kaldu pakai tulang dan ceker
Daun bawang, iris

Cara :
1. Awali dengan menyiapkan topping terlebih dulu. Kepiting direbus lalu ambil isinya. Tumis daging kepiting dengan bawang putih, kecap asin dan sedikit minyak wijen.
2. Kalau ada pake Bakso ikan rebus/goreng. karena gak ada jadi saya pake otak2 goreng aja.
3. Siapkan minyak bawang/minyak wijen aja juga bisa.
4. Masak kuah kaldu. Saya pakai tulang2an dan ceker ayam.
5. Rebus mie, caisim dan tauge, tiriskan.
6. Untuk penyajian : dalam mangkok masukkan 1 sdt kecap asin, merica, minyak bawang putih/wijen, sedikit kaldu jamur. Aduk rata mie yg sudah direbus. Beri topping caisim, tauge, daun bawang, kepiting, dan otak2 goreng. Sajikan dengan kuah.. hmmm.. lezat! ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ’ซ

 

3. Minyak Bawang untuk Bakmi

IMG_20170715_214026.jpg

Minyak bawang putih yang dipake buat masak bakmi pangsit ๐Ÿœ๐Ÿ๐Ÿด.

Caranya gampang bgt, bawang putih dikupas terus dicincang kasar atau kalo gak mau ribet bisa juga pake food processor spt yg saya lakukan ini. Hasilnya cukup seragam kan. Terus panasin minyak goreng (pake yg baru ya). Dengan api sedang cenderung kecil mulai goreng deh baputnya. Gak usah sampe cokelat sdh bisa diangkat. Lalu tiriskan segera, krn kalo terendam minyak panas masih ada proses masak, bisa2 jadi gosong dan pahit baputnya, hihihi. Kalo minyak sudah adem baru mulai masukkan ke botol bersih dicampur sama baputnya yg uda ditiriskan tadi. Anytime mau dipake buat campuran di bakmi kuah/sup, tinggal disendok aja. Wangi bgt ni.. Saya suka sy suka sy sukaa… ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

IMG_20170715_213933.jpg

 

4. Bakmi ala Bakmi GM

Kemarin ini cobain bikin bakmi GM juga toppingnya, cuma berhubung uda ditunggu perut2 yang lapar gak sempet foto, next time bikin lagi di fotoin deh hihi..

Bakmi GM

1 ptg dada Ayam fillet, potong kotak
5 buah Jamur kancing iris tipis
5 siung Bawang putih, cincang halus
2 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
Garam, lada, kaldu bubuk secukupnya

Panaskan minyak dan tumis bawang putih hingga harum.
Masukkan ayam dan goreng hingga berubah warna.
Masukkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, garam, lada bubuk dan kaldu jamur, sedikit air.
Masukkan irisan jamur dan masak hingga matang. Koreksi rasa. Sajikan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 16 July 2017 by .

Navigation

Instagram

Si Aden cintanya mama.. ๐Ÿ˜˜๐Ÿ’ž. Yg kalo makan paling belepotan kemana2 hahaha.. Si Aden ini lagi makan Roti Lapis Isi Buah. Tadi pagi uda dibawain bekel roti lapis ini juga. Di rumah minta lagi.. Sepertinya dia doyan.. Hihi. Roti Lapis ini cuma dibelah melintang ala ala sandwich gitu. Terus dikasih whipped cream, kasih lagi potongan buah (mangga dan stroberi) dan madu sedikit, hihihi.. Gitu doang.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. I believe, apa yg kita buat dgn Cinta, pasti anak2 suka.. ๐Ÿ˜๐Ÿ’˜. Enjoy kiddos!! . . . #marciobenayaatmaja #dapurmariyani #rotilapisisibuah
Pagi ini cerah sekaleee yaaa..โ›…. . Hari ini sy bikin "Tahu & Bombay Krispi Cabe Garam". Panjang kali judul makanannya, padahal ini hanya makanan simple aja.. ๐Ÿ˜„. Rasanya? Hueeenaaakkkk tho yoooo.. Hahaha.. Sbg "Tahu Lover" sy berani blg, i prefer tahu more than daging ayam wkwkkwkw.. ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜. . Tahu & Bombay Krispi Cabe Garam Ini saya bedakan yah resep utk tahu krispi dan bombay krispi nya. Tahu Krispi ada sensasi "cireng" krn penggunaan tapioka. Kalo yg Bombay, asli krispi aja layaknya gorengan garing. . TAHU KRISPI: 1bh tahu putih (yang bisa utk digoreng, krn gak gampang remuk) >> cuci bersih, potong kotak rendam air garam, diamkan 30menit, tiriskan. >> campur dalam wadah : tapioka+kaldu jamur+garam+lada, aduk rata jadi satu. >> gulingkan tahu yg sdh ditiriskan ke dalam campuran tapioka, goreng dalam minyak panas, api sedang hingga matang. Sisihkan. . . BOMBAY KRISPI: 1bh bawang bombay ukuran besar, iris bulat, keluarkan satu per satu. 5sdm terigu 1sdm maizena Ketumbar, garam, kaldu jamur, lada, air secukupnya .>> campur adonan gorengan, konsistensi jangan keenceran spy adonan melekat ke bombay. .>> goreng dalam minyak panas api sedang hingga matang. Sisihkan. . BUMBU CABE GARAM: 2 siung bawang putih, cincang halus 1 helai daun bawang, iris halus 1 bh cabe keriting, rajang halus Secukupnya garam, kaldu jamur dan lada >> panaskan minyak, tumis bawang putih, dau bwg dan cabe hingga harum, masukkan garam, kaldu jamur dan lada, masak hingga kering. Tuang ke tahu dan bombay krispi yg sdh jadi. Jadi deh.. Gampang kan.. ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ . Selamat pagi dan beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati... . . #dapurmariyani #tahucabegaram #tahukrispi #onionring
"Malam Kudus" By : #marcoadoniiaatmaja on #xylophone Latihan malam sebelum tidur, persiapan buat Natal sekolah.. ๐ŸŽถ๐ŸŽต๐ŸŽผ
Holaaa... Sabtu yang cerah tadiii.. Sebelum akhirnya hujan lagi, hihihi..๐ŸŒž๐Ÿ”€โ˜”. . Hari ini saya goreng Ayam Kalasan. Ayamnya beli jadi di pasar. Cuma perlu digoreng aja. Nah, utk melengkapi main course nya, gak lengkap kalo gak ada sambal dong ya, hihi.. Makanya kudu disiapin juga sambal khusus utk ayam grg kalasannya. . . SAMBAL AYAM KALASAN Bahan : 100grย cabe merah keriting 4 siungย bawang merah 2 siungย bawang putih 1 sachet kecilย terasi ABC Sedikit air Secukupnyaย gula dan garam . Cara : 1. Blender jadi satu : cabe, bawang merah, bawang putih dan terasi. 2. Panaskan minyak (saya pakai minyak bekas goreng ayam), tumis cabe dan bawang yg sdh dihaluskan, masak hingga harum. 3. Masukkan sedikit air aduk rata. Lalu berikan garam dan gula. Pemberian gula bisa dilebihkan spy legit manis, mendekati karakter kalasan. 4. Aduk rata dan masak hingga sambal berubah warna menjadi lebih gelap. Sajikan dgn nasi panas, ayam goreng kalasan dan lalapannya.. Yummm!! Ini salah satu menu "penghabis nasi" di rumah hahahahaa.. ๐Ÿ˜ธ๐Ÿ˜น๐Ÿ˜ธ๐Ÿ˜น. . . #dapurmariyani #sambalayamkalasan #ayamgorengkalasan
Si Koko.. ๐Ÿ˜ป
Si Aden.. ๐Ÿ˜
%d bloggers like this: