Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Almond Goodness

Dear all.. Uda ketemu di hari Sabtu lagi aja nih kita..

Setiap 2 kali dalam seminggu diriku bikin jadwal untuk membuat susu dari kacang almond kaya manfaat ini.

Oiya, btw anak2ku uda STOP laktasi (sufor) sejak 4 Desember 2014 kemaren. Dan semenjak itu puji Tuhan anak2 makin sehat dan jarang (hmmmm bahkan gak pernah lagi!) sakit yang aneh2 seperti alergi, infeksi usus besar, batuk pilek parah, demam dll.

Ternyata setelah banyak baca artikel terkait bahaya mengkonsumsi sufor buat anak, eke banyak mendapat pencerahan.

Lagipula setelah lepas sufor, ternyata anak2 jadi suka makan nasi beserta sayur dan lauk pauknya, dan buah tentu saja. Hal ini adalah sesuatu yang langka dikala masih sufor.

Nah sbg pelengkap nutrisi anak2, maka kubuatkan susu almond ini. Kenapa bikin daa gak beli aja? Karena bikin sendiri tentu lebih fresh dan isinya jelas kita tahu sendiri. Dan alasan berikutnya adalah karena kalo beli pasti jauh lebih mahal dan gak puas minumnya hahaha..

Cara bikinnya simple kok.ย Cukup sediakan :
1 cup kacang almond mentah
4 cup air minum (aku pake Kangen Water Ph 9.5)
Sejumput Garam
Pemanis optional bisa pake kurma atau madu.

Cara pembuatan:

Rendam kacang almond dengan air selama 8jam atau semalaman aja biar lebih gampang, gak usa itungin jam.ย Keesokan harinya baru dibikin deh.

Saring kacang dari air rendaman dan bilas.

Air rendaman jangan dibuang, sebab kandungan gizinya masih bisa dipergunakan utk tanaman kesayangan kita spy makin subur.

Tadinya di rumah pada suka susu yang manis jadi kita pake buah kurma sbg pemanis alaminya. Sekarang pada suka tanpa pemanis sama sekali bahkan, jadi lebih gampang lagi, hehe..ย Ambil beberapa buah kurma sesuaikan selera manisnya, buang biji.

Siapkan wadah bersih dan kedap untuk menampung susu almond nanti.

Siapkan wadah, saringan dan kain tahu untuk menyaring. Posisinya kain tahu di bagian paling atas.

Pada blender masukkan kacang alamond, garam dan air.

Blender jadi satu sampai halus mulai dari kecepatan rendah sampai tinggi dan matikan.

Hasilnya seperti ini..

Lalu mulailah menuang susu pada saringan yang sudah disiapkan. Dan lakukanlah penyaringan.

Sesudah air susu habis, yang kita lakukan kemudian adalah melakukan pemerasan pada kain saring. Peras sampai sekering2nya.

Nah, susu yang sudah disaring kita blender sebentar lagi beserta dengan kurma. Dan jadi dehh susu almond rasa kurma.

Untuk menambah nutrisi lebih lagi, bisa kita tambahkan 1 sdm chia seeds.

Chia seeds ini biji2an yang kaya manfaat. Juga masuk dalam kategori superfood karena kandungan asam lemak Omega 3, protein, kalsium tinggi utk tulang, gigi, dan juga kaya serat yang bagus banget buat anak2 dan kita juga yang mau diet sehat.

Detil soal kebaikam chia seeda bisa cek di sini:

Chia Seeds Detil

Biar lebih nendang nutrisinya dan makin padat, suka aku tambahin lagi sama oat, kalo gak juga gpp sih.

Kalo disimpen di botol tertutup dalam kulkas (bukan di pintu ya) bisa kuat 3 hari nih susu almondnya. Karena ini kan susu mentah, tanpa proses masak.

Nah, nanti kalo uda dingin, sebelum dimimik-i, jangan lupa utk mengocoknya lebih dulu okeyyy..

FB_IMG_1452856845537

Yang ini susu almond, tanpa pemanis lagi karena uda manis alami dari kacang almondnya. Yang cokelat itu pake tambahan carob powder.

ALMOND PULP

Oiya, ampas almondnya jangan langsung dibuang. Berhubung mahalnya kacang ini, jadi kudu dimaksimalkan penggunaanya, sampai ke ampas-ampasnya hahhaa..

Waktu yang lalu aku coba bikin cookies dari almond pulp yang sblmnya uda dikeringkan pakai oven sampai jadi tepung (memakan waktu yang sangat lama pengerjaannya hahaha..). Bisa juga almond pulp nya kita jemur di bawah terik matahari sampai bener2 kering lalu dihaluskan dengan jar mill (blender utk bumbu halus) lalu disaring sampai jadi tepung.

Contoh cookies almond pulp nya spt ini:

Aku pake resep simple 3 bahan:

Tepung 150gr (mix terigu dan tepung almond)

Margarin 100gr

Gula 50gr

Toppingnya dibalut gula halus.

Enak loh..

Bisa juga dibuat jadi almond butter juga pakai food processor.

Bisa dibikin jadi cake dan banyak lagi cara utk memanfaatkan ampasnya ini.

Nah pulpnya kali ini aku bikin brownies. Dengan resep simple aku ganti tepung terigu dengan almond pulp yang sblmnya uda aku jadiin almond butter pake kurma.

Rasanyaa… hmmmmm…

Ini penampakkan sesaat setelah keluar dari oven

Yang ini sebelum dipanggang

Jadi tunggu apa lagi..

Selamat mencoba yah kawans..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 6 December 2015 by and tagged , , , , , .
%d bloggers like this: