Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Killer Soft Bread

Ini dia roti yang lagi happening di Instagram. Oiya ini nih pertama kalinya aku bikin roti makanya baru pertama kali juga belanja ragi dan tepung protein tinggi, hihi.. Berberkal nekad aja langsung eksekusi resepnya yang kulihat dari akun @xanderskitchen. Dari stalking akunnya pula aku jadi belajar bikin bakso2an, pempek adaan, dll. Hehehe.. Makasih yah bu..

Back to the Killer Soft Bread. Pertama kali bikin gak berani eksperimen macem2 lah ya, wong perdana bok! Dan rupanya baru ngeh kalo ragiku kedikitan! Hahaha.. eh tapi ngembang kok rotinya, cuma lama banget nungguinnya ampe melendung gitu hampir 2 jam! Mestinya 30menit-1 jam aja uda cukup. Hahaha..

Oiya keunggulan dari resep roti yang satu ini adalah hanya dibutuhkan 1 kali proofing. Kalau yang uda sering baking roti atau donat pasti ngeh deh, karena butuh proofing 2 kali.

Resepnya saya salin ulang biar mengena di ingat-ingatan, hahaha..

Killer Soft Bread
Bahan:
260 gr tepung protein tinggi
3 gr / 1 sdt ragi (me: fermimpan)
160-180 gr (1 butir telur + susu cair)
30 gr butter (me: pakai margarin+butter jadi 40gr)
2 gr garam

Cara Membuat:
1. Siapkan tepung yang sudah diayak+ragi dalam satu wadah, aduk2 biar tercampur.
2. Kocok lepas telur+susu, dan masukkan ke dalam campuran kering secara bertahap, supaya bisa kontrol kelembaban adonan roti. Biasanya aku pakai 170 gr sih uda cukup.
3. Uleni sampai kalis sekitar 15 menit, gak usa dibanting, cukup diremas2 aja.
4. Masukkan butter, uleni lagi.
5. Masukkan garam, dan terus uleni sampai kalis elastis. Ps : garam jangan sampai bertemu muka dengan ragi ya, karena raginya bisa mati.
6. Bagi adonan, gilas dan gulung. Sesuaikan dengan selera ya mau dibentuk apa. Mau diberikan isian juga monggo. Berikut ini contoh gulungannya:

Screenshot_2016-03-20-21-47-02.png

7. Setelah adonan dibentuk, letakkan pada loyang yang sudah dilapisi margarin. Lalu tunggu hingga mengembang 2 kali lipat. Boleh dikasih polesan kuning telur, bisa juga diskip.
8. Panaskan oven api atas bawah di suhu 170ยฐC. Lalu pangganglah hingga roti kecoklatan dan matang. Aku taruh di rak paling bawah.
9. Setelah matang, angkat roti dan dinginkan. Bisa poles dengan butter setelah keluar oven kalau tadi tidak pakai olesan kuning telur.
Berikut ini beberapa hasil bakingan Kiler Soft Bread-ku.. Hehehe..

IMG_20160322_111519

1st time baking roti dan beginilah hasilnya, hehe.. ini sebelum panggang dioles kuning telur

IMG_20160322_113124

detil seratnya, cukup puas untuk percobaan pertama. Lembut sekali. Gak pake isian tapi uda enak dimakan polos.

IMG_20160326_125032

baking ke 2 pakai loyang kegedean. Alhasil uda ditungguin sampai 2 jam lebih gak naik2 rotinya, tapu melebar! Hahaha.. dan yang ini pun raginya kedikitan.

20160329_111612

kali ke 3 baking roti. Maksud hati mau bikin model roti tawar tapi gak punya loyang roti tawar, alhasil jadinya gini deh hehe..

20160401_200317

Baking ke 4 dengan improvisasi margarine tambah 10gr jadi 40gr. Diisi coklat keju. Yummm…

 

25 April 2016

Baking ke-5 kali resep Killer Soft Bread. Kali ini menggunakan loyang roti tawar ukuran 15x12x12 cm. Btw, rasanya lebih lembut yang ini perasaan, hahaha… Kalo yang sebelum2nya agak keras. Ini mah enggak, hehehe…

Masalah cuma datang dari proses pemotongan roti tawar. Karena gak punya pisau untuk roti, jadi jelek banget potongannya. Hahaha..

20160425_10373120160425_102614

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Instagram

My baby yang uda gak baby lagi tapi ttp jadi baby buat mama.. ๐Ÿ’Ÿ you Aden.. Cintanya mama.. . Swipe terus sampe foto ke 8,9,10 --- ekspresi angop sampai kesudahannya hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ช โž–โž–โž–โž– . #marciobenayaatmaja #afternap
Aden my lil chef.. ๐Ÿ˜ป. Zuper fun today making pizzaaaahhh ๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ• with school friends.. ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ญ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ญ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ญ #marciobenayaatmaja #pizzamaker #littlechef #dominopizza
. . ๐Ÿฅ Hurricane Roll Cake ๐Ÿฅ Ikutan bikin yg lagi nge-hitz seinstagram ahh, hihihi.. Seneng, keluar juga motif garis2nya ๐Ÿ˜š. Meskipun.. Garisnya agak 'gondrong' sih, krn ini rollcakenya mini.. Spt biasa, 1 resep bolgul sy bikin jd 2 roll, biar caplokannya pas buat anak2 mkn, gak kegedean hihihi. Resep bolgul bebas, bisa pake resep bolgul andalan masing2. Harusnya td gak usa pakein meses yah biar yg menonjol garis2nya, tapi.. si Aden minta diisi meses! Ya sudah lah hahaha.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„. . . #hurricanerollcake #dapurmariyani
Waktu itu di IKEA๐Ÿฆ๐Ÿฆ๐Ÿฆ . . Anak2 dicandid sama Om @ranggapragula ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š yg lagi liburan di Jkt. Makasih ya Om Rangga.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ Jbu! . #latepost
Kmrn sepualng sekolah ditagih bikin kue sus sama si Koko. Krn emang doyan bgt dia sama kue sus, apalagi bikinan mama ya ko, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Nah krn uda lama ga bikin kue sus, jd agak2 lupa nih nyetel suhunya, mau diturunin takut gak ngembang, jd ya gitu deh.. agak gosong di bagian atas, tapi gak pait kok, hahaha.. ๐Ÿ˜‚โœŒ. . [KUE SUS FLA RHUM] Bahan: 100ml susu uht 150ml air 125gr margarine Sejumput garam 1 sdm gula pasir 160gr tepung segitiga 3-4 butir telur Cara: 1. Campur margarin, garam, gula, susu dan air. Panaskan hingga mencair. 2. Kecilkan api dan masukkan tepung sambil aduk cepat sampai menggumpal jadi satu dan kalis. 3. Angkat dan dinginkan dgn di-mixer agar uap panas cepat hilang. 4. Setelah agak hangat masukkan telur scr bertahap sambil di mixer. Jika sudah pas kekentalannya maka hentikan memasukkan telur agar tidak encer adonannya. 5. Masukkan ke dalam piping bag dan spuit bebas. 6. Oven suhu 200ยฐC selama 20 menit api bawah dan 20 menit api atas. Sesuaikan oven masing2. FLA RHUM : 1 kuning telur 350ml susu cair 100gr gula pasir 1sdm mentega 40gr maizena 1sdt rhum Caranya: ๐ŸฆCampur sebagian susu dengan Maizena dan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan ๐ŸฆCampur sisa susu, mentega, dan gula, aduk hingga gula larut. Masukkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga pinggiran berbuih. ๐ŸฆMasukkan campuran maizena ke dalam panci dgn disaring. Aduk dan masak hingga mengental. Terakhir masukkan rhum, aduk rata. ๐ŸฆSetelah fla tidak panas, bisa dimasukkan ke dalam piping bag. Dinginkan di kulkas supaya lebih nikmat. #dapurmariyani #kuesus #coux
Sailing.... โ›ต๐ŸŒดโ˜๐ŸŒ… #datmajas #pantaiancol #latepost
%d bloggers like this: