Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Killer Soft Bread

Ini dia roti yang lagi happening di Instagram. Oiya ini nih pertama kalinya aku bikin roti makanya baru pertama kali juga belanja ragi dan tepung protein tinggi, hihi.. Berberkal nekad aja langsung eksekusi resepnya yang kulihat dari akun @xanderskitchen. Dari stalking akunnya pula aku jadi belajar bikin bakso2an, pempek adaan, dll. Hehehe.. Makasih yah bu..

Back to the Killer Soft Bread. Pertama kali bikin gak berani eksperimen macem2 lah ya, wong perdana bok! Dan rupanya baru ngeh kalo ragiku kedikitan! Hahaha.. eh tapi ngembang kok rotinya, cuma lama banget nungguinnya ampe melendung gitu hampir 2 jam! Mestinya 30menit-1 jam aja uda cukup. Hahaha..

Oiya keunggulan dari resep roti yang satu ini adalah hanya dibutuhkan 1 kali proofing. Kalau yang uda sering baking roti atau donat pasti ngeh deh, karena butuh proofing 2 kali.

Resepnya saya salin ulang biar mengena di ingat-ingatan, hahaha..

Killer Soft Bread
Bahan:
260 gr tepung protein tinggi
3 gr / 1 sdt ragi (me: fermimpan)
160-180 gr (1 butir telur + susu cair)
30 gr butter (me: pakai margarin+butter jadi 40gr)
2 gr garam

Cara Membuat:
1. Siapkan tepung yang sudah diayak+ragi dalam satu wadah, aduk2 biar tercampur.
2. Kocok lepas telur+susu, dan masukkan ke dalam campuran kering secara bertahap, supaya bisa kontrol kelembaban adonan roti. Biasanya aku pakai 170 gr sih uda cukup.
3. Uleni sampai kalis sekitar 15 menit, gak usa dibanting, cukup diremas2 aja.
4. Masukkan butter, uleni lagi.
5. Masukkan garam, dan terus uleni sampai kalis elastis. Ps : garam jangan sampai bertemu muka dengan ragi ya, karena raginya bisa mati.
6. Bagi adonan, gilas dan gulung. Sesuaikan dengan selera ya mau dibentuk apa. Mau diberikan isian juga monggo. Berikut ini contoh gulungannya:

Screenshot_2016-03-20-21-47-02.png

7. Setelah adonan dibentuk, letakkan pada loyang yang sudah dilapisi margarin. Lalu tunggu hingga mengembang 2 kali lipat. Boleh dikasih polesan kuning telur, bisa juga diskip.
8. Panaskan oven api atas bawah di suhu 170ยฐC. Lalu pangganglah hingga roti kecoklatan dan matang. Aku taruh di rak paling bawah.
9. Setelah matang, angkat roti dan dinginkan. Bisa poles dengan butter setelah keluar oven kalau tadi tidak pakai olesan kuning telur.
Berikut ini beberapa hasil bakingan Kiler Soft Bread-ku.. Hehehe..

IMG_20160322_111519

1st time baking roti dan beginilah hasilnya, hehe.. ini sebelum panggang dioles kuning telur

IMG_20160322_113124

detil seratnya, cukup puas untuk percobaan pertama. Lembut sekali. Gak pake isian tapi uda enak dimakan polos.

IMG_20160326_125032

baking ke 2 pakai loyang kegedean. Alhasil uda ditungguin sampai 2 jam lebih gak naik2 rotinya, tapu melebar! Hahaha.. dan yang ini pun raginya kedikitan.

20160329_111612

kali ke 3 baking roti. Maksud hati mau bikin model roti tawar tapi gak punya loyang roti tawar, alhasil jadinya gini deh hehe..

20160401_200317

Baking ke 4 dengan improvisasi margarine tambah 10gr jadi 40gr. Diisi coklat keju. Yummm…

 

25 April 2016

Baking ke-5 kali resep Killer Soft Bread. Kali ini menggunakan loyang roti tawar ukuran 15x12x12 cm. Btw, rasanya lebih lembut yang ini perasaan, hahaha… Kalo yang sebelum2nya agak keras. Ini mah enggak, hehehe…

Masalah cuma datang dari proses pemotongan roti tawar. Karena gak punya pisau untuk roti, jadi jelek banget potongannya. Hahaha..

20160425_10373120160425_102614

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Instagram

Waktu itu berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Semua area kita kelilingin dlm waktu 3.5 jam hahaha.. Kita absen dulu yuk hewan apa aja yang sempet kita lihat dan dokumentasiin.. 1. Pelikan 2-3. Giraffe (Jerapah) Ada 2 ekor Jerapah di sini, bernama Dirga & Hayuri (yang kasih nama Bpk Ahok). Bagus yah namanya.. Kalo disambung jd DirgahayuRI. 4. Elephant (Gajah) Gajahnya cm ada 2 ekor yg dilepas kmrn, ada bbrp yg msh di kandangin. Fyi.. Skrg di Ragunan sdh gak ada lagi acara menunggang gajah di sini, krn sdh diprotes oleh kebun binatang internasional. 5. Ostrich (Burung Unta) Lihat scr langsung bagus bgt bulu2nya.. 6. Orang Utan 7. Buaya 8. Banteng 9. Onta 10. Harimau #latepost #ragunanzoo #dAtmajasHoliday2018
Awalnya bikin 1 resep, langsung ludes itungan jam.. Trs kmrn bikin lagi 2 resep biar agak awetan, buat cemilan di kala liburan, hihihi. Ini kue kering gampang sekali bikinnya, bahannya juga simple, rasanya huenakkkk bangettt.. Yang gak percaya, silahkan dieksekusi ajah.. di bawah sy sharing ulang resepnya.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . . SEMPRIT KEJU Bahan : 100gr margarin 50gr butter 1 butir kuning telur 80gr gula halus 50gr keju chedar, parut 160gr tepung terigu kunci (protein rendah) 30gr maizena Cara : 1. Mixer/aduk dgn whisker : margarin, butter, kuning telur dan gula halus sampai rata saja. 2. Masukkan keju parut, aduk rata pakai spatula. 3. Masukkan terigu dan maizena yg sdh diayak, aduk rata pakai spatula. 4. Masukkan ke piping bag, dan cetak. 5. Panggang di suhu 150ยฐC selama 30menit, api bawah saja, hingga matang. 6. Angkat dan biarkan hingga agak dingin, simpan dalam wadah kedap udara. PS : pd saat mencetak, posisikan agar jangan terlalu dekat antara satu dg yg lain, krn begitu dipanggang adonan akan melebar. #dapurmariyani #sempritkeju #kuekering
. ๐Ÿ’Ÿ Our 7th wedding anniversary ๐Ÿ’Ÿ No words can describe how grateful we are for everything that YOU have been done to us. The marriage, the kiddos, the family.. . YOU are awesome Lord Jesus !! . Still.. We need YOU in our marriage life.. Coz nothing we can do without You.. . 05-06-2011 and still counting... ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ ๐Ÿ’— ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต โ€ขNuMaYโ€ข @yanuaratmaja
. Happy 5th birthday to the miracle of my life, Marcio Benaya Atmaja.. . ๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚๐ŸŽ‚ ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ . Jesus will always loves you and blesssss youuuu baby... . Mama ๐Ÿ’Ÿ you Papa ๐Ÿ’™ you Koko ๐Ÿ’š you . ๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰ ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿญ ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐Ÿฌ . Pagi ini kita rayakan di rumah dulu ya den, pake kue sus bikinan mama, hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . . #marciobenayaatmaja
Lagi beberes galeri hp, nemu banyak juga masakan kmrn2 yang belom di-upload hihihi.. ๐Ÿฒ๐Ÿ—๐Ÿ˜๐Ÿณ๐Ÿฑ๐Ÿš๐Ÿœ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿค๐Ÿก . So, this is it.. . 1. Ayam Krispi Saos Mentega 2. Brokoli Jamur Saos Tiram 3. Kaki Naga 4. Soto Ayam Kp & Bakwan Sayur 5. Sop Kembang Tahu Ayam Kp 6. Ma Ling Goreng 7. Nasi Tim Ayam Jamur 8. Tumisan Cumi Asin 9. Nasi Liwet + Cumi + Kering Tempe + Telur Balado 10. Fu Yung Hai . Upload masakan ky gini, kapan waktu bisa nolong bgt pas lagi bingung mau masak apa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚. . #dapurmariyani #homecooking #menuharian
dAtmajas ๐Ÿ‘ซ๐Ÿ‘ฌ
%d bloggers like this: