Mariyani Atmaja

the Diaryยฎ ๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ถ

Killer Soft Bread

Ini dia roti yang lagi happening di Instagram. Oiya ini nih pertama kalinya aku bikin roti makanya baru pertama kali juga belanja ragi dan tepung protein tinggi, hihi.. Berberkal nekad aja langsung eksekusi resepnya yang kulihat dari akun @xanderskitchen. Dari stalking akunnya pula aku jadi belajar bikin bakso2an, pempek adaan, dll. Hehehe.. Makasih yah bu..

Back to the Killer Soft Bread. Pertama kali bikin gak berani eksperimen macem2 lah ya, wong perdana bok! Dan rupanya baru ngeh kalo ragiku kedikitan! Hahaha.. eh tapi ngembang kok rotinya, cuma lama banget nungguinnya ampe melendung gitu hampir 2 jam! Mestinya 30menit-1 jam aja uda cukup. Hahaha..

Oiya keunggulan dari resep roti yang satu ini adalah hanya dibutuhkan 1 kali proofing. Kalau yang uda sering baking roti atau donat pasti ngeh deh, karena butuh proofing 2 kali.

Resepnya saya salin ulang biar mengena di ingat-ingatan, hahaha..

Killer Soft Bread
Bahan:
260 gr tepung protein tinggi
3 gr / 1 sdt ragi (me: fermimpan)
160-180 gr (1 butir telur + susu cair)
30 gr butter (me: pakai margarin+butter jadi 40gr)
2 gr garam

Cara Membuat:
1. Siapkan tepung yang sudah diayak+ragi dalam satu wadah, aduk2 biar tercampur.
2. Kocok lepas telur+susu, dan masukkan ke dalam campuran kering secara bertahap, supaya bisa kontrol kelembaban adonan roti. Biasanya aku pakai 170 gr sih uda cukup.
3. Uleni sampai kalis sekitar 15 menit, gak usa dibanting, cukup diremas2 aja.
4. Masukkan butter, uleni lagi.
5. Masukkan garam, dan terus uleni sampai kalis elastis. Ps : garam jangan sampai bertemu muka dengan ragi ya, karena raginya bisa mati.
6. Bagi adonan, gilas dan gulung. Sesuaikan dengan selera ya mau dibentuk apa. Mau diberikan isian juga monggo. Berikut ini contoh gulungannya:

Screenshot_2016-03-20-21-47-02.png

7. Setelah adonan dibentuk, letakkan pada loyang yang sudah dilapisi margarin. Lalu tunggu hingga mengembang 2 kali lipat. Boleh dikasih polesan kuning telur, bisa juga diskip.
8. Panaskan oven api atas bawah di suhu 170ยฐC. Lalu pangganglah hingga roti kecoklatan dan matang. Aku taruh di rak paling bawah.
9. Setelah matang, angkat roti dan dinginkan. Bisa poles dengan butter setelah keluar oven kalau tadi tidak pakai olesan kuning telur.
Berikut ini beberapa hasil bakingan Kiler Soft Bread-ku.. Hehehe..

IMG_20160322_111519

1st time baking roti dan beginilah hasilnya, hehe.. ini sebelum panggang dioles kuning telur

IMG_20160322_113124

detil seratnya, cukup puas untuk percobaan pertama. Lembut sekali. Gak pake isian tapi uda enak dimakan polos.

IMG_20160326_125032

baking ke 2 pakai loyang kegedean. Alhasil uda ditungguin sampai 2 jam lebih gak naik2 rotinya, tapu melebar! Hahaha.. dan yang ini pun raginya kedikitan.

20160329_111612

kali ke 3 baking roti. Maksud hati mau bikin model roti tawar tapi gak punya loyang roti tawar, alhasil jadinya gini deh hehe..

20160401_200317

Baking ke 4 dengan improvisasi margarine tambah 10gr jadi 40gr. Diisi coklat keju. Yummm…

 

25 April 2016

Baking ke-5 kali resep Killer Soft Bread. Kali ini menggunakan loyang roti tawar ukuran 15x12x12 cm. Btw, rasanya lebih lembut yang ini perasaan, hahaha… Kalo yang sebelum2nya agak keras. Ini mah enggak, hehehe…

Masalah cuma datang dari proses pemotongan roti tawar. Karena gak punya pisau untuk roti, jadi jelek banget potongannya. Hahaha..

20160425_10373120160425_102614

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Instagram

Trio Mamas ๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป
Selamat pagi.. Jangan lupa bahagia kawan.. ๐ŸŒด๐Ÿ’
๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Dirgahayu 74 NKRI ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ โ€ข โ€ข Ini adalah sedikit keceriaan dari perayaan Hari Kemerdekaan RI yang setiap tahunnya diadakan di perumahan kami ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Kita ikut meramaikan dengan bbrp perlombaan yang seru2. Ada lomba makan kerupuk buat anak2 yg kynya gampang padahal mah susyehh!! ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. Terus.. ada tarik tambang, oper tepung yang berakhir dengan mandi tepung hahahaha.. Olrait boys, krn hari ini hari kemerdekaan, jadi kalian bebas merdeka main apapun!! Hahaha ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. . Saya ikut lomba juga dooong hahaha.. Tadi ikut lomba pindahin kacang hejo pake sumpit, hahaha.. Mayan I'm the 3rd place ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž hahaha. Dulu pas masih ngantor di Semarang, kata bosque yang oriental banget, cara pegang sumpit saya bagus dan benar hahahaha.. Makasih Bos! Itu jadi modal saya utk menang tadi wkwkwk aposehh??!! ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. . Bapake gak ikut banyak lomba, tadi cuma ikut meramaikan di perlombaan masak aja sama voli terpal, krn hari ini papa jadi "dokumentator" aka tukang poto buat kita hahahaha. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ“ท . . MERDEKA!! ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ . #17an #merdeka #harikemerdekaanri74 #lomba17an #agustusan
Pepatah berkata "Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya". ๐Ÿ“š๐Ÿ““๐Ÿ“‘๐Ÿ““ โ€ข โ€ข โ€ข โ€ข โ€ข #dAtmajasTRIP #datmajasPenang2019 #visitpenang #jalanjalanpenang #wisatapenang #penang #penangtrip #penangtoday #travelstory #icapturewhatisee #shortescape #holiday #travelphotography #traveling #travelgram #webstagram #bookxcess #bookstore
Ini lokasi yang sama waktu kita menikmati sunset di Tanjung Tokong Beach. Suka aja nikmatin waktu disini... Take me back to this place plis.. Hihihi.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . . . . #dAtmajasTRIP #datmajasPenang2019 #beach #TanjungTokong #AvatarSecretGarden #boats #nature #visitpenang #jalanjalanpenang #wisatapenang #penang #penangtrip #penangtoday #travelstory #icapturewhatisee #shortescape #holiday #travelphotography #traveling #travelgram #webstagram
Asiknyaaa main pasir. . Kalo tanya ke anak2 mana moment yang paling berkesan buat mereka selama jalan2 di Penang, jawabnya pasti : waktu main di pantai.. Di sini main air dan main pasir sepuas2nya! Biarpun badan panas terjemur sinar matahari, tapi tetep hepi aja nih anak2.. Hahahaha.. ๐Ÿ˜ธ. Priceless moment banget... ๐ŸŒดโ›…๐ŸŒŠ . . . #datmajasTRIP #datmajasPenang2019 #penang #Tanjungbungah #beach #privatebeach #copthroneorchidhotel #therocks #ontherock #sunnyday #bondingtime #dadandson #sandyboy #sandy #seasand #visitpenang #jalanjalanpenang #wisatapenang #penang #penangtrip #penangtoday #travelstory #icapturewhatisee #shortescape #holiday #travelphotography #traveling #travelgram #webstagram
%d bloggers like this: